11 Oleh - Oleh Khas Bandung Yang Banyak Dicari dan Diminati Para Wisatawan


Bandung merupakan ibu kota dari Provinsi jawa barat. Siapa yang tak mengenal dengan kota Bandung yang merupakan salah satu kota yang ada di Indonesia, kota terbesar dengat pusat perbelanjaan yang begitu padat. 


Jika kalian datang ke kota Bandung kalian bisa datang dengan berbagai alasan mulai dari berwisata alam, kuliner bahkan wisata berbelanjapun bisa menjadi alasan kalian datang ke kota Bandung. 


Nah berikut ini BangBen akan memberi informasi kepada kalian oleh-oleh khas dari Bandung, jika kalian yang berkunjung ke Bandung kalian bisa menjadikan salah satu oleh-oleh ini sebagai referensi untuk buah tangan untuk sanak keluarga di rumah.



1. Sepatu dan Tas khas Cibaduyut 


Siapa yang tidak mengenal dengan pusat perbelanjaan kota Bandung satu ini, Banyak wisatawan yang berbelanja di Pasar Cibaduyut ini. Jika kalian selama ini banyak yang menggunakan produk dari luar negeri, nah di kawasan Cibaduyut ini kalian akan mendapatkannya dan suasana yang berbeda akan kalian temukan sepanjang jalan deretan toko penjual barang dagangannya dengan beragam macam dagangan mulai dari sepatu, souvenir –souvenir, hingga tas. 


Produk yang menjadi andalan di Cibaduyut ini adalah sepatu dan juga tas yang begitu banyak diminati para wisatawan. Selain dari produk luar negeri produk dalam negeri juga dijual dan tidak sedikit para wisatawan yang berminat. Bagi kalian yang berkunjung ke kota Banduung kalian bisa mampir ke pasar Cibaduyut.



2. Surabi 

Surabi merupakan salah satu makanan khas dari Bandung, dan sering dijadikan sebagai oleh-oleh khas Bandung. Surabi ternyata tidak hanya diminati oleh warga Bandung saja, tetapi banyak juga diminati bahkan dinikmati wisatawan dari luar kota Bandung. 


Makanan ini merupakan makanan yang mengikuti perkembangan zaman. Banyak varian rasa yang disajikan surabi ini, mulai dari rasa kismis, telur keju, durian keju dan banyak lagi varian rasa lainnya yang disajikan oleh makanan khas Bandung ini. Untuk mendapatkan amakanan ini kalian tidak perlu bersusah payah, kalian bisa menemukan di toko - toko dipinggir jalan yang banyak menyediakan dan menjual makanan ini. 



3. Pisang Bollen Kartika Sari 


Pisang Bollen merupakan makanan yang sejak tahun 1970an dan sampai dengan saat ini makanan ini masih menggunakan resep yang turun temurun, sehingga masih terjaga keasliannya, dan cita rasanya pun masih cita rasa zaman dulu dijamin tidak berubah. Sama hal nya dengan surabi makanan ini juga menyajikan berbagai varian rasa mulai dari cokelat, keju, hingga durian pun ada. 


Kartika Sari sendiri merupakan nama toko yang menyediakan makanan Pisang Bollen ini, selain itu toko Kartika sari juga menyediakan makanan jenis lainnya seperti Brownis, risole, pastel dan banyak lagi jenis makanan lainnya. Buat kalian yang bingung mencari oleh-oleh khas Bandung kalian bisa mencari di toko Kartika sari ini kalian bisa mendapatkan berbagai jenis makanan. 



4. Aneka Kerajinan Tangan Lembang 

Bandung, lembang tidak hanya menyediakan dan menyuguhkan jenis kuliner saja dan juga tidak hanya menyedikan wisata alam yang mempesona namun juga menyediakan berbagai kerajinan tangan yang bisa dijadikan oleh-oleh khas dari Bandung. Mulai dari anyaman, kerajinan bamboo bahkan keramik. 


Dari semua jenis kerajinana tersebut salah satunya bisa kalian jadikan oleh-oleh khas dari daerah lembang ini. Kalian yang ingin mencari jenis buah tangan berupa kerajinan tagan kalian bisa mendapatkannya di toko-toko yang ada di Bandung, dan sangat cocok dijadikan oleh-oleh khas dari kota Bandung. 



5.Peuyeum 

Peuyeum merupakan salah satu makanan khas dari Bandung, makanan ini sering disebut dengan tape dan menjadikan salah satu makanan yang identik dengan kota bandung. Kebanyakan para pedagang yang menjual makanan ini dengan cara digantung di depan kios agar mudah dilihat para konsumen ataupun para wisatawan kuliner yan berkunjung ke kota Bandung. 


Dalam pembuatannya bahan yang digunakan Peuyeum biasanya singkong yang di taburi dan dalam proses pembuatannya singkong yang telah ditaburi ragi ditutup untuk difermentasi, setelah 2-3 hari barulah bisa dinikmati. Peuyeum ternyata banyak diminati mayarakat kota bandung karena dapat menghangati tubuh. Nah kalian bisa menjadi makanan ini sebagai oleh-oleh khas bandung. 



6.Picnic Roll 

Merupakan makanan khas dari bandung juga, yang olahannya unik. Picnic sendiri sering dibuat dengan campuran daging yang dicincang kemudian ditambah bumbu, telor, dan baru dimasukan kedalam kulit pastry. Setelah semua selesai barulah kemudian dipanggang sampai warna kecokelatan. Dalam pembuatan Picnic roll daging yang digunakan yaitu daging ayam dan juga daging sapi.


7.Souvenir Angklung 

Satu ini merupakan oleh-oleh khas Bandung yang terbuat dari kerajinan tangan manusia, dan merupakan kerajinan yang bisa dimainkan dan menghasilkan suara yang begitu indah yaitu angklung. Angklung sendiri merupakan alat musik khas dari jawa barat dan sangat terkenal hingga mancanegara dan bahkan menjadi Warisan Budaya Lisan dan Nonbedawi Manusia yang diberikan oleh salah satu organisasi PBB, UNISCO. 


Angklung merupakan alat musik yang unik karena dalam memainkannya dengan cara digoyangkan sehingga menimbulkan bunyi. Angklung sudah ada pada zaman dahulu, bahkan dikatakan sudah ada pada abad 12. Angklung sering juga dimainkan di acara-acara resmi bahkan angklung dipelajari oleh orang-orang diluar negeri. Nah kalian bisa menjadikan angklung sebagai salah satu oleh-oleh khas Bandung. 



8.Batagor 

Siapa yang tidak mengenal Batagor? Kebanyakan orang-orang menyebut batagor dengan kepanjangan batak digoreng, dan itu salah banyak yang tidak tahu bahwa kepanjangan dari Batagor adalah Bakso Tahu Goreng. Batagor merupakan makanan khas bandung yang banyak dijual oleh para pedagang dengan menggunakan gerobak namun tidak sedikit yang menjual ditoko-tokonya. 


Bukan hanya di Bandung saja banyak para pedagang luar kota Bandung yang menjual Batagor ini. Dalam penyajiannya batagor disaji dengan ditemani dengan sambal kacang yang terbuat dari kacang tanah, bawang putih dan cabai, dan batagor di potong kecil-kecil. Untuk harga nya sendiri begitu murah meriah hanya Rp.6000 kalian sudah bisa menyantap batagor. 



9.Pia 

Makanan satu ini merupakan makanan berupa kue yaitu pia yang diisi dengan kacang hijau dan juga dicampur gula merah dan kemudian ditutupi adonan tepung yang kemudian dipanggang. Nama dari kue ini memang agak terlihat aneh dan kalau sekilas nama tersebut seperti nama china. 


Pia sendiri memang berasal dari china dan penamaan nya juga nama china, namun makanan ini telah muncul berbagai macam jenis dan banyak varian. Banyak toko-toko yang sudah menjual oleh-oleh satu ini. Dan untuk menemukan nya pun tidaklah sulit. 



10.Cireng 

Oleh-oleh khas bandung selanjunya yaitu cireng. Tentu kalian sudah mengetahui makanan satu ini, bukan hanya di Bandung saja namun hampir seluruh provinsi di Indonesia ada penjual cireng. Nama Cireng sendiri merupakan kependekan dari aci digoreng. 


Cireng terbuat dari campuran tepung kanji, air, bawang putih, merica, garam, daun bawang dan juga kedelai. Dan juga ada tambahan bumbu rujak pedas sebagai kuahnya. Hampir seluruh provinsi Indonesia yang menjual cireng namun dengan varian yang berbeda dan juga campuran isi yang berbeda seperti daging ayam, keju, sosis dan kadang ada juga daging sapi. 



Walau banyak yang menjual cireng namun cireng yang dari asalnya tentu berbeda dengan cireng yang berada dari luar Bandung. Nah kalian bisa menjadikan makanan ini sebagai oleh-oleh khas dari Bandung . 



11. Basreng 

Satu ini merupakan cemilan, dan bisa dijadikan oleh-oleh khas dari bandung. Basreng sendiri merupakan kependekan dari Baso digoreng. Makanan ataupun cemilan ini biasa dijadikan cemilan untuk dibawa kemana-mana dan juga dibawa santai saat berkumpul dengan teman atau keluarga. Basreng sendiri memiliki rasa yang berbeda ada yang asin dan ada yang pedas. 


Itulah beberapa oleh-oleh khas dari Bandung yang bisa dijadikan referensi jika kalian bingung untuk mencari oleh-oleh khas dari bandung.

0 Response to "11 Oleh - Oleh Khas Bandung Yang Banyak Dicari dan Diminati Para Wisatawan "

Post a Comment