Makanan Khas Kota Solo Yang Begitu Nikmat Dan Banyak Di Cari Para Wisatawan

Wisata kuliner kota solo - Kota solo merupakan kota dengan banyaknya wisata bersejarah dan juga kebudayaan yang sangat banyak di kunjungi. Banyak para wisatawan yang berkunjung ke kota ini. Tidak hanya wisatawan dalam negeri saja bahkan para wisatawan mancanegara kerap berkunjung ke kota solo . 

Selain itu, kota solo juga merupakan salah satu tempat wisata kuliner yang banyak dikunjungi. Bahkan banyak yang sekali sajian yang dapat mengunggah selera para wisatawan. Selain rasa yang begitu lezat dan juga nikmat, harga yang di patok pun juga tidak begitu mahal. Nah buat kalian para pecinta kuliner berikut merupakan makanan khas dari kota solo yang banyak di cari oleh para wisatawan kuliner yang berkunjung ke kota solo.

1. Selat solo
Makanan satu ini terdengar asing bagi kalian. Bahkan mungkin bagi kalian yng berasal dari luar kota solo, nama makanan ini baru kalian dengar. Makanan satu ini mempunyai kuah yang menyerupai semur, dan berisikan campuran berupa buncis rebus, wortel, potongan tomat, timun, acar, daun selada, kentang goreng, dan juga ada tambahan irisan daging. Makanan ini memilki rasa yang segar, dan juga lezat, dan sangat cocok untuk lidah orang Indonesia.

2. Timlo
Makanan satu ini merupakan makanan yang berupa sup. Makanan ini sangat banyak diburu para wisatawan kuliner. Makanan ini lebih nikmat disantap saat masih hangat, dan rasanya pun sangat nikma. Makanan ini biasanya disajikan dengan telur, kembang tahu, dan juga daging ayam, kadang juga tambahan dari daging sapi. Nah selain rasa yang begitu nikmat soal harga juga sangat murah, kalian dengan hanya mengeluarkan Rp.10.000, sudah bisa menikmati makanan satu ini.

3. Nasi Liwet
Jika kalian berkunjung ke kota solo, Jangan lupa untuk mencicipi makanan satu ini, Nasil liwet. Meruapakan makanan yang juga banyak di cari para wisatawan kuliner yang berkunjung ke kota solo. Jika di lihat makanan satu ini tampak sama seperti nasi pada umumnya, namun yang membedakan nasi liwet khas solo ini atau yan istimewanya yaitu ras yang begitu lezat yang dapat memenjakan lidah kalian. Dan masalah harga, parapedagang nasi liwet bisa menjual dengan harga Rp.8.000 per-porsi.

4. Tengklek
Makanan yang berbahan dasar daging kambing ini merupakan makanan yang juga banyak di cari para wisatawan kuliner. Tengklek biasanya cenderung berisi tulang kambing yang memilki sedikit daging yang menempel pada tulangnya. Tengklek sendiri diolah dengan menggunakan kuah santan dan juga bumbu yang begitu sangat terasa nikmat. Kuah dari tengklek tidak terlalu kental karena kuahnya encer. Dan dalam penyajiannya sendiri tengklek disatukan dalam wadah.

5. Sate Kere dan Sate Buntel
Sate kere nama yang cukup unik. Kere sendiri dalam bahasa indonesia bererti miskin. Nah makna dari sate kere ini yaitu sate yang dijual dengan harga murah. Sate kere dibuat dari tempe yang kemudian di tusuk seperti sate yang kemudian di bakar seperti sate, dan tak lupa pula dengan bumbu khas yaitu campuran bumbu bacem yang begitu nikmat dan gurih.Nah kalau sate buntel sendiri merupakan sate yang terbuat dari daging kambing cincang yang dilapisi lemak yang kemudian dibungkus pada tusuk sate dan kemudian barulah dibakar. Makanan ini merupakan makanan yang banyak di cari para wisatawan kuliner.

6. Soto Gading
Namanya saja soto gading pasti kalian beranggapan makanan ini terbuat dari gading. Nah walaupun makanan ini namanya gading makanan ini bukan terbuat dari gading. Nah gading sendiri merupakan nama pasar tradisional yang berada di kota surakarta yang lokasi berada di kelurahan Gajahan, Kecamatan Pasar Kliwon.Soto gading ini merupakan soto yang memiliki kuah berwarna bening, yang disajikan di dalam sebuah mangkok yang sudah berisikan nasi, daun seledri, mie putih, dan juga keripik lentang. Nah asal kalian tahu soto ini merupakan salah satu soto yang di sukai oleh pak joko widodo.

7. Tahu kupat
Tahu kupat sendiri sering disebut dengan tahu guling oleh warga solo. Tahu kupat memilki rasa yang manis, gurih dan juga peda yang sangat mengunggah selera. Tahu kupat biasanya terdiri dari campuran ketupat, tahu goreng, tauge, mie kuning, irisan kubis, kecang goreng, irisan kol, dan juga taburan dari daun seledri. Tahu kupat disajikan dengan kuah kecap dan bawang putih dan juga cabe yang tentunya sudah di ulek di atas piring. Makanan ini tidak sulit mendapatkannya banyak para pedagang kaki lima yang menjualnya.

8. Sambat tumpang
Makanan yang berisi sayuran yang hampir mirip dengan pecel, namun yang membedakandari makanan ini yaitu bumbu yang digunakan. Biasanya pecel diberi bumbu kacang nah makanan satu ini diberi sambal tumpang yang terbuat dari tempe busuk yang kemudian di ulek. Untuk rasanya sendiri sambal tumpang memliki cita rasa rempah yang begitu kuat.

9. Wedangan
Makanan satu ini merupakan makanan yang sangat mudah di cari di kota solo dan bahkan makanan ini merupakan makanan yang begitu populer di kota solo. Dan makanan wdangan ini merupakan hidangan yang banyak di sukai orang. Untuk harganya sendiri sangat beragam mulai dari Rp.500 sampai Rp10.000. Wedangan sendiri merupakan makanan yang menyajikan beragam menu makanan seperti telur puyuh, ati ampela, sate kikil dan banyak lagi jenis makanan yang di hidangkan. Dan wedangan juga hampir mirip dengan nasi kucing jogja. Dan untuk minumanya sendiri wedangan juga memilki menu minuman seperti jahe kencur jeruk dan juag jahe gula jawa.

10. Gudeg ceker
Pasti kalian sudah makanan ini merupakan makanan berbahan dasar dari ceker. Nah pada umumnya gudek ceker hampir mirip dengan gudeg biasa yang terbuat dari nagka atau gori yang kemudian dimasak dengan campuran kuah santan. Gudeg ceker memilki rasa yang begitu nikmat dan bahkan makanan ini juga banyak di cari oleh para wisatawan dalam maupun luar negeri.

Nah itu lah beberapa makanan khas dari kota solo yang harus kalian cicipi jika berkunjung ke kota solo. Makanan yang memilki rasa yang begitu nikmat dan juga sangat lezat

0 Response to "Makanan Khas Kota Solo Yang Begitu Nikmat Dan Banyak Di Cari Para Wisatawan"

Post a Comment