Makanan/Kuliner Asli Khas Nusa Tenggara Timur Yang Populer Dan Sangat Nikmat

Nusa Tenggara Timur - Provinsi Nusa Tenggara Timur atau dikenal dengan NTT, merupakan Provinsi yang mempunyai panorama alam yang sangat indah, keadalan yang masih alami, pulau, pegunungan dan pantai yang dapat memanjakan para wisatawan dalam maupun luar negeri yang berkunjung ke provinsi Nusa Tenggara Timur. 

Nusa Tenggara Timur memang mempunyai panorama alam yang  begitu indah, selain itu Provinsi Nusa Tenggara Timur ini juga memiliki kuliner yang begitu nikmat dan lezat. Tidak heran banyak wisatawan dalam maupun luar negeri yang ingin berkujung untuk mencicipi makanan khas dari Provinsi Nusa Tenggar Timur ini. 

Namun untuk mencicipi makanan khas dari provinsi NTT ini kalian harus berhati-hati, karena terdapat makanan yang tidak halal, jadi harus berhati-hati untuk memilih makanan khas NTT. Karena masakan-masakan yang berbahan dari daging babi merupakan hal yang biasa disana. 

Nah kali ini Bang Ben akan memberikan informasi mengenai makanan khas dari NTT, yang Bang Ben bahas makanan yang Halal aja gan, oke langsung aja.

1. Se'i Daging Sapi Asap


 Se'i, nama makanan yang cukup unik. dinamakan se'i karena dalam proeses pembuatannya daging sapi diiris dan dipotong memanjang tipis. Se'i merupakan daging sapi yang telah dimbumbui kemudian diasapi agar dalam penyimpanannya dapat bertahan lama. Se'i memiliki bentuk yang hampir mirip dengan makanan ala-ala barat yaitu Soked Beef, namun se'i memiliki cita rasa yang berbeda. 

Dan dalam proses pembuatannya berbeda dengan makanan ala-ala barat itu, karena masih menggunakan cara yang sederhana, asih menggunakan bara atau arang dan juga daun kesambi. Nah fungsi dari daun kesambi ini untuk menyaring asap yang berlebihan dan sebagai penyaring panas. Karena itulah aroma dari daging tersebut masih tetatp terjaga. Penasaran? makanan ini merupakan makanan yang banyak dicari para wisatawan kuliner dalam maupun luar negeri yang berkunjung ke provinsi NTT.

2. Kolo


Makanan Khas Nusa Tenggar Timur selanjutnya yaitu Kolo. Nah makanan satu ini merupakan makanan yang  sangat Populer di NTT. Sepintas makanan ini mirip dengan lemak, namun berbeda. Kolo merupakan nasi bakar, yaitu beras yang dimasukan ke dalam bambu yang sudah dibumbui terlebih dahulu dan kemudian barulah dibakar. Dan sebelum dibakar ujung setiap bambu ditutup dengan menggunakan daun pisang.

3. Jagung Bose


Makanan khas Nusa Tenggara Timur satu ini juga memiliki nama yang cukup unik, Jagung Bose. Jagung Bose atau jagung yang dilunakkan. Nah dalam proses pembutannya jagung bose juga unik yaitu dengan dilunakan dengan car ditumbuk, untuk memisahkan kulit jagung tersebut dari jagung. Setelah ditumbuk jagung tersebut kemudian diayak agar jagung dengan kulitnya bisa terpisah. Nah setelah itu barulah dimasak. 

Biasanya jagung bose dimasak dicampur dengan kacang merah. Proses memasaknya juga terbilang tradisonal karean masih menggunakan kayu bakar dan juga membutuhkan waktu yang cukup lama. Nah biasanya makanan satu ini disantap ditemani dengan se'i daging sapi asap, lawar ikan, dan karmanaci.

4. Sambal ikan teri


Mungkin kita tidak asing lagi dengan sambal ini karena hampir di seluruh Indonesia mengenal dengan sambal ini yaitu sambal ikan teri. Dan hampir kita temui Ikan teri di warung-warung pinggir jalan. Namun sambal ikan teri yang ada di NTT merupakan sambal ikan teri yang berbeda dengan yang lain karena memiliki rasa yang begitu nikmat. Untuk mengolah atau membuat makanan satu ini juga tidak terlalu rumit, alias bisa kalian bikin sendiri. Nah penasaran?  kalian bisa mencoba membuatnya dirumah, namun jika kalian NTT kalian biso mencoba sambal satu ini karena mmemilki rasa yang begitu nikmat.

5. Ikan Buah Belimbing


Makanan satu ini juga merupakan makanan yang sangat nikmat. Makanan berbahan dasar ikan.  Nah ikan buah belimbing ini merupakan ikan yang memiliki rasa atau cita rasa pedas asam dan juga segar. Dilihat dari namanya ikan buah buah belimbing, makanan ini menggunakan campuran buah belimbing. Bimbing yang digunakan yaitu belimbing wuluh. Langsung saja bagi kalian yan akan berkunjug ke NTT jangan  lupa untuk mencicipi makanan satu ini.

6. Sayuran Rumpu Rumpe


Makanan khas Nusa Tenggara Timur yang lainnya yang juga sangat nikmat yaitu makanan yang hampir mirip dengan tumis pepaya yang dicampur parutan kelapa yaitu Sayuran Rumpu Rumpe.  Makanan ini merupakan makanan yang dibuat dari bunga pepaya yang ditambah dengan daun muda pepaya lalu diiris tipis-tipis dan agar lebih nikmat makanan ini kadang ditambah cabe merah atau cabe hijau. Rasa pahit dari daun pepaya akan menambah selera makan anda. Nah bagi kalian yang penasaran, kalian bisa mencicipinya jika berkunjung ke kota NTT.

7.Tumisan


Makanan khas Nusa Tenggara Timur selanjutnya yaitu makanan yang berasal dari sayuran. Makanan ini dimasak dengan cara ditumis. Masakan yang ditumis merupakan makanan khas dari Nusa Tenggara Timur. Banyak sekali tumisan yang berasal dari NTT seperti plecing kangkung. Rasa tumisan khas NTT sangat lezat dan banyak dicari oleh para wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Nah bagi kalian yang berkunjung ke kota NTT kalian harus mencicipi makan yang satu ini.

Nah bagi kalian yang akan berkunjung ke Provinsi Nusa Tenggara Timur kalian harus mencicipi makanan khas daerah Nusa Tenggara Timur. Soal rasa makanan khas NTT memiliki rasa yang begitu nikmat dan dapat memanjakan lidah kalian para wisatawan kuliner,
Nah mungkin itu saja yang dapat Bang Ben kasih info, dan masih banyak lagi makanan khas dari NTT.

0 Response to "Makanan/Kuliner Asli Khas Nusa Tenggara Timur Yang Populer Dan Sangat Nikmat "

Post a Comment