Makanan Khas Jawa Timur Yang Populer Dan Banyak Dicari Para Wisatawan


Makanan asli khas dari daerah jawa timur - Negara Indonesia merupakan negara yang memiliki kekayaan alam yang sangat luar biasa, tidak heran banyak wisatawan dalam negeri maupun luar negeri yang berkunjung ke tempat-tempat indah yang berada di Indonesia. Selain dengan keindahan alam, Indonesia ternyata juga memiliki kuliner atau makanana khas daerah yang begitu nikmat untuk dinikmati. Indonesia terdiri dari berbagai provinsi dan setiap provinsi memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri dari makanannya, dan setiap provinsi dengan provinsi lain memiliki makanan khas tersendiri, contohnya saja makanan khas dari jawa timur yang akan bang ben bahas kali ini.

Provinsi Jawa Timur, merupakan provinsi yang berada di pulau jawa dan ibukotanya terletak di Surabaya. Jawa Timur merupakan salah satu kota terbesar yang ada di Indonesia, tidak heran banyak parawisatawan yang datang dan berkunjung ke kota ini.

Wisatawan dalam maupun luar negeri tidak pernah habis nya berkunjung ke kota ini, selain untuk menikmati pemandangan, para wisatawan juga banyak yang datang hanya untuk menikmati kuliner khas jawa timur ini. Nah bicara soal kuliner berikut merupakan makanan khas Jawa Timur yang banyak dicari oleh para wisatawan kuliner luar maupun dalam negeri.

1. Rawon


Siapa yang tidak kenal dengan makanan satu ini, Rawon. Rawon merupakan makanan khas jawa timur yang biasanya dihidangkan pada acara-acara besar, seperti pernikahan, namun sekarang rawon sering kita temui di warung-warung yang ada di pinggir jalan. Rawon sendiri merupakan sup daging yang memiliki kuah berwarna cokelat kehitaman dan dicampur bumbu-bumbu khas yang mengandung  kluwek. Kluwek sendiri merupakan salah satu bahan dalam pembuatan rawon. 

Rawon sering dinikmati dengan nasi putih,dan juga campurannya yaitu touge, daging, telur, bawang goreng dan juga kerupuk. Makanan ini merupakan makanan yang terkenal di Jawa Timur. Nah bagi kalian yang akan  berkunjung ke kota Jawa Timur jangan lupa untuk mencicipi makanan satu ini, di jamin akan memanjakan lidah kalian.

2. Nasi Tumpang


Nasi tumpang merupakan makan khas Jawa Timur yang tepatnya berasal dari daerah Kediri. Nama nasi tumpeng sendiri didapat dari sambal tumpeng, nah makanya diberi nama  tumpang. Sambal tumpang sendiri dibuat dari tempe bosok, dan kadang dimasak bersama dengan daging ayam. Nah biasanya Sambal tumpang dimakan dengaditamni nasi putih. Penasaran dengan makanan satu ini? langsung saja jika kalian yang sedang berkunjung atau akan berkunjung ke kota Jawa Timur jangan lupa untuk mencicipi makanan satu ini.

3. Rujak cingur


Rujak cingur merupakan makanan khas Jawa Timur yang tidak kalah enak dan nikmat dengan makanan khas Jawa Timur lainnya. Makanan ini juga populer di kota Jawa Timur. Rujak cingur dibuat dengan olahan cingur atau mulut sapi. Mungkin bagi kalian agak aneh namun rujak cingur ini memiliki rasa yang begitu enak. Rujak cingur sendiri disantap dengan ditemani dengan berbagai sayuran, tahu dan juga tempe. Cingur juga memiliki bumbu yang terbuat dari gula merah, petis, kacang tanah, dan juga cabe yang digiling dan ditambah dengan air hingga lembut. Nah setelah itu barulah dicampur dengan olahan cingur. Penasaran dengan rasa rujak cingur? Nah langsung saja bagi kalian yang akan berkunjung kota Jawa Tengah keren bisa mencicipi makanan satu ini.

4.  Pecel lele


Mungkin makanan satu ini tidak asing di telinga kita, karena makanan ini sudah tersebar di seluruh Indonesia. Makanan ini biasanya kita temukan di pinggir jalan. Dan makanan ini merupakan makanan yang terkenal di Jawa Timur. Banyak para wisatawan yang ingin mencicipi makanan khas Jawa Timur satu ini karena memiliki rasa yang begitu nikmat. Pecel lele sendiri biasanya disajikan dengan nasi biasa ataupun nasi uduk dan juga dilengkapi dengan berbagai jenis lalapan seperti mentimun, daun kemangi, dan juga tambahan sayuran seperti Kol dan sawi. Nah bagi kalian Mungkin biasa dengan makanan satu ini namun kalian harus mencoba pecel lele asal Jawa Timur, dijamin rasanya yang begitu nikmat akan memanjakan lidah kalian.

5. Nasi krawu

Makanan satu ini merupakan makanan khas Jawa Timur tepatnya berasal dari Gresik. Mungkin bagi kalian makanan ini memiliki nama yang cukup unik namun di Gresik makanan ini sangatlah familiar dan melegenda. Nama unik nasi krawu karena dalam penyajiannya terdiri dari berbagai bahan seperti jeroan sapi, serundeng, daging sapi dan juga sambal terasi. Tidak lupa disantap dengan menggunakan nasi putih dan juga menggunakan daun pisang sebagai wadah pengganti piringnya. Penasaran dengan makanan satu ini? yuk langsung saja yang ingin berkunjung dan yang sudah berada di kota Jawa Timur kalian harus menikmati dan mencicipi makanan satu ini.

6. Lodho Ayam


Makanan khas Jawa Timur tepatnya di Tulungagung, merupakan makanan yang begitu nikmat untuk kalian santap, yaitu lodho ayam. Nama yang cukup unik bukan? makanan ini dibuat dari bahan dasar atau bahan utamanya yaitu daging ayam. Daging ayam di Bumbu dengan menggunakan resep yang sudah turun temurun yang berada di daerah Tulungagung. Lodho ayam terdiri dari dua jenis yaitu Lodho ayam dengan menggunakan kuah encer dan juga satu lagi menggunakan kuah kental. Lodho Ayam biasanya disantap dengan menggunakan nasi panas atau Tiwur.

7. Rujak Soto


Makanan khas jawa timur satu ini merupakan makanan yang sangat terkenal di jawa timur. Dengar namanya mungkin kelihatan aneh yaitu rujak soto. Nah makanan ini merupakan makanan yang digabung menjadi satu atu penggabungan dari dua jenis makanan. Rujak soto sendiri merupakan penggabungan dari rujak dengan soto. Rujaknya sendiri menggunakan rujak sayur dan sotonya menggunakan soto kuningan. Cukup unik bukan? nah dari pada kalian penasaran langsung saja kalian nikmati jika berkunjung ke kota jawa tengah, dijamin rasa yang dapat mengunggah selera kalian para wisatawan kuliner. 

8. Sego Tempong


Makanan khas jawa timur satu ini merupakan makanan yang berasal dari Bayuwangi Jawa Timur, Sego Tempong. Sego Tempong merupkan makanan yang terdiri dari nasi, tahu, tempe, sayur, ikan asin, terong rebus, daging ayam dan juga sambel yang sangat pedas, yaitu sambel mentah. Nah yang membuat nikmat dari makanan satu ini yaitu dari sambel mentah nya yang begitu pedas namun rasanya begitu nikmat. Dan menjadikan makanan satu ini memilki ciri khas tersendiri. 

Sambal Sego Tempong ini Sangat terkenal di kota jawa tengah, nah bagi kalian yang ingin berkunjung ke kota jawa tengah, jangan lupa untuk mencicipi makanan satu ini, dijamin kalian akan ketagihan..

9. Soto Lamongan


Soto Lamongan merupakan makanan khas dari Jawa timur. Mendengar namanya saja kita pasti tahu asal dari soto ini, yaitu dari lamongan jawa timur. Soto lamongan saat ini memang sudah terkenal dan menyebar di seluruh Indonesia. Nah walaupun sudah merata diseluruh Indonesia Kekhasan dan rasa yang dinimiliki dari soto lamongan ini menjaidkan varian tersendiri bagi soto satu ini. Soto lamongan memilki ciri khas tersendiri yaitu dari kuahnya. Kuah soto lamongan berwarna kuning. Dalam penyajiannya soto lamongn juga ditemani dengan sayuran kol, touge, jeruk nipis, dan juga taburan bawang goreng yang menambah gurih. Nah penasan bukan untuk mencicipi makanan satu ini? di jamin rasanya akan memanjakan lidah kalian apalagi disantap diwaktu hujan atau dingin. Ssssrrrrppp, mantap.

10. Bakso Malang


Makanan Khas Jawa Timur yang bang ben bahas selanjutnya yaitu Bakso Malang. Tentu tahu dong asal nya dari mana makanan satu ini. Ya, makanan satu ini berasal dari Malang. Mungkin biasa bagi kalian karena bakso sudah ada dimana-mana diseluruh Indonesia. Namun Bakso Malang ini memilki cita rasa yang begitu nikmat. Bakso malang sendiri sekarang menjadi bakso yang paling banyak dicari para wisatwan kuliner,  khususnya pecinta Bakso. Bakso Malang ini memiliki rasa yang berbeda dengan bakso pada umumnya, itu lah megapa Bakso ini banyak di cari para wisatawan. Nah bagi kalian yang belum mencoba makanan satu ini kalian harus mencobanya.

11. Lontong Balap


Makanan khas jawa timur satu ini, memiliki nama yang cukup unik, yaitu Lontong Balap. Dinamakan Lontong balap karena para pedagang lontong dulu saling bergantian berjualan dan bergantian memakai peralatan dan selalu ingin cepat duluan atau dikenal dengan balapan. Nah makanya dinamakan Lontong Balap.

Lontong Balap sendiri merupakan makanan Khas Jawa Timur tepatnya di Surabaya. Lontong balap sendiri dinikmati dengan campuran yang terdiri dari lontong, tahu, touge, lentho, kecap, dan juga sambal, tidak ketinggalan dengan bawang goreng yang menambah gurih. Lontong Balap ini memiliki rasa yang begitu nikmat. Penasaran?,, makanan khas jawa timur ini bisa kalian temukan di warung-warung pinggir jalan.

12. Kare Rajungan


Makanan satu ini merupakan khas jawa timur yang namanya sedikit modern, yaitu Kare Rajungan. Nama Rajungan sendiri didapat dari bahan makanan itu sendiri. Rajungan merupakan salah satu hewan yang mirip dengan kepiting. Berbeda dengan kepiting yang memiliki cangkang yang keras dan daging yang agak keras, Rajungan memiliki cangkang yang lunak dan dagingnya yang empuk dibandingkan kepiting. Dalam proses pengolahannya Rajungan juga disantap dengan kuah kare yang memiliki cita rasa yang begitu nikmat dan juga sangat pedas. Rasa yang begitu nikmat jika berada dimulut, rasa yang dapat mengunggah selara para wisatawan.

13. Tahu Tek


Makanan satu ini berasal dari tuban Jawa Timur. Nama makanan satu ini juga unik. Dinamakan Tahu tek karena pada saat memotong tahu dan telur menimbulkan suara tek. Nah makanya dinamakan Tahu Tek. Cukup unik Bukan?. Tahu tek merupakan makanan yang teridiri dari lontong, tahu goreng, dan juga telur dan diberi  kuah kacang. Dan juga ada tambahan dari petis dan kerupuk.

Nah itul ah sebagian makanan khas Jawa Timur yang populer dan banyak dicari para wisatawan luar negeri maupun dalam negeri. Masih banyak lagi makanan khas Jawa Timur yang dapat kalian temui, dan kali ini Bang Ben hanya membahas sebagiannya saja. Nah kita harus bangga dengan makanan dari negara sendiri, karena di Indonesia banyak sekali makanan makanan yang begitu nikmat. Bayangkan saja setiap Provinsi di Indonesia memiliki banyak sekali kabupaten dan setiap kabupaten memiliki makanan khas tersendiri, Sangat banyak bukan? makanya jangan lupa untuk menikmati makanan Indonesia yang begitu nikmat dengan rempah-rempah yang di olah dengan tangan-tangan terampil koki Indonesia.








0 Response to "Makanan Khas Jawa Timur Yang Populer Dan Banyak Dicari Para Wisatawan"

Post a Comment