Makanan Khas Jakarta Yang Begitu Menggoda

Jakarta merupakan ibukota dari negara Indonesia, atau sering dikenal dengan Betawi. Jakarta merupakan daerah paling maju di Indonesia dan sebagai ibukota negara dan merupakan Centrum perekonomian Indonesia baik itu sektor industri perbankan hingga pariwisata berada di ibukota ini. 

Jakarta juga memiliki wisata yang begitu banyak tersebar Seperti halnya di Pulau Seribu, tak hanya dengan wisatanya Jakarta juga memiliki makanan khas peninggalan leluhur yang sangat terkenal. Makanan khas Jakarta ini memiliki ciri khas tersendiri. 

Berikut merupakan makanan khas dari Jakarta :

1. Kerak Telor



Makanan khas dari daerah Jakarta ini merupakan makanan yang sangat terkenal di Jakarta. Kerak telor Ini hampir mirip dengan martabak,namun perbedaannya terletak pada isi dan cara pembuatannya. Isi yang ada pada kerak telor yaitu ketan dan ubi, dan cara pembuatannya yaitu dengan menggoreng telur di atas panci kemudian ditambah dengan ketan dan ubi lalu diaduk dan kemudian dipanaskan di atas tungku arang. 

Proses memanggangnya cukup unik yaitu dengan membalikkan kuali, yaitu bagian kuali ditelungkupkan di atas bara api. Kerak telor ini sangat populer di masyarakat Betawi dan menjadi trend mereknya Jakarta. Kerak telor hanya ada di Jakarta tidak ada pedagang di daerah lain yang menjual kerak telor. Nah bagi kalian yang ingin mencicipi makanan khas Jakarta satu ini hanya bisa ditemukan di Jakarta.

2. Gado-Gado



Gado-gado merupakan makanan yang menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia. Karena gado-gado menjadi salah satu makanan terenak yang ada di dunia, sehingga gado-gado sudah terkenal di luar negeri. Gado-gado pernah menjadi menu yang disajikan dalam kontes acara yang ada di luar negeri. Dan ternyata gado-gado menjadi makanan yang juga disukai masyarakat luar negeri. 

Gado-gado ini merupakan makanan khas Jakarta yang isinya bercampur, ada lontong, sayuran, kerupuk, toge, timun, bawang goreng dan campuran sayuran lainnya. Gado-gado ini sering disantap pada pagi hari dan siang hari, terkadang ada juga yang menjual pada malam hari. Di Jakarta banyak sekali kita temukan penjual gado-gado di pinggir jalan. Dan sangat mudah untuk mencari gado-gado.

3. Nasi Uduk



Hampir masyarakat Jakarta mengenal dengan makanan satu ini yaitu nasi uduk. Makanan yang sering disantap di pagi hari ini memang sangat familiar bagi masyarakat Jakarta. Nasi ini mirip dengan nasi liwet yaitu nasi uduk yang terbuat dari beras putih dan dimasak dengan bumbu-bumbu tertentu, bumbu-bumbu nasi uduk tersebut yaitu seperti garam, santan, daun salam, daun jeruk dan daun serai. 

Nasi uduk memiliki rasa yang sangat lezat dan gurih karena ditambah dengan bawang goreng sebagai campurannya. campuran lain dari nasi uduk ini yaitu telur dadar yang telah diiris-iris dan juga bisa dicampur dengan semur jengkol, ayam goreng, kentang balado dan sambal kacang. Nasi uduk sering dijual di sekolah sekolahan sebagai sarapan bagi anak sekolah.

4. Nasi Ulam



Makanan khas Jakarta lainnya yaitu nasi ulam yang merupakan makanan khas dari daerah Jakarta atau Betawi yang pernah atau mendapat pengaruh dari budaya kuliner China. Nasi yang digunakan pada nasi ulam biasanya digunakan nasi pera yang disiram dengan semur kentang atau semur tahu ataupun semur telur. Nasi ulam biasa menggunakan campuran lain seperti tambahan cumi asin goreng, bihun goreng, telur dadar isi dan perkedel kentang. 

Nasi ulam juga sering dinikmati dengan tambahan daun kemangi, sambal, taburan kacang goreng dan bawang goreng yang membuat rasa nasi ulam menjadi begitu nikmat. Nasi ulam sangat mudah kita temukan di Jakarta. bagi kalian yang berkunjung ke jakarta jangan lupa untuk mencicipi makanan khas satu ini.

5. Ketupat Sayur
 

Makanan khas Betawi satu ini merupakan makanan yang juga sering disantap di pagi hari, sangat mudah kita temukan di pagi hari karena kebanyakan orang Jakarta menjualnya pada pagi hari sebagai menu sarapan. Ketupat sayur terbuat dari irisan ketupat atau lontong dengan campuran kuah santan atau gulai yang begitu gurih. Selain itu ketupat sayur juga dicampur dengan taburan sayur-sayuran seperti kacang panjang kacang kedelai, dan juga ditabur dengan bawang goreng dan juga keripik yang menjadi makanan satu ini menjadi lebih gurih.

6. Ketoprak



Makanan khas Jakarta lainnya yaitu ketoprak yang terbuat dari lontong atau ketupat yang dicampuri dengan bihun, taoge dan tahu. Ketoprak Betawi ini memiliki rasa yang sangat lezat dan gurih karena menggunakan kuah kacang. Ketoprak juga dinikmati dengan kerupuk dan juga bawang goreng yang menjadi makanan satu ini sangat nikmat untuk dimakan. Makanan khas jakarta ini juga terkadang ditambah dengan telur rebus. Sangat mudah kita temukan ketoprak ini pada pedagang-pedagang di pinggir jalan

7. Semur Jengkol



Makanan khas Jakarta yang asli dari Jakarta dan tidak terbantahkan lagi keasliannya yaitu semur jengkol. Makanan khas lainnya mungkin hampir mirip dengan makanan-makanan yang ada di indonesia atau di daerah-daerah yang berada di indonesia lainnya, namun makanan satu ini tidak mempunyai kembarannya di daerah lain yang hanya ada di Jakarta saja. 

Makanan ini mampu menjadi hidangan yang sangat lezat bagi masyarakat Jakarta. Memang bau yang di timbulkan dari jengkol sangat menyengat, namun masyarakat Jakarta mempunyai cara tersendiri untuk menghilangkan bau pada jengkol tersebut. Makanan ini menjadi makanan yang di hidangkan atau di sajikan sebagai menu keluarga.

8. Laksa Betawi



Makanan khas Betawi satu ini merupakan makanan yang berasal dari Cibinong yang kemudian merambah ke Jakarta dengan sebutan laksa Betawi. pengusaha yang punya restoran laksa Betawi ini biasanya orang Cina Betawi. Laksa merupakan makanan yang berkuah yang berisi bihun, perkedel, telur daun kucai dan daun kemangi. Laksa merupakan kuliner yang mendapat pengaruh dari Cina 

9. Soto Betawi



Makanan satu ini merupakan makanan yang terkenal, bahkan makanan satu ini terdapat di daerah-daerah lainnya. Soto betawi ini merupakan makanan yang berkuah santan dengan isi daging sapi, kentang dan tomat. Rasa yang dimiliki dari soto betawi ini sangat begitu gurih dan lezat. Daging pada soto betawi terasa sangat empuk dan kuah yang begitu gurih. Makanan satu ini sangat cocok dinikmati dengan nasi sebagai pendampingnya dan sangat lezat jika dimakan pada siang hari dalam keadaan masih panas.

10. Pindang Bandeng



Makanan satu ini merupakan makanan yang hampir menyerupai sumur namun penambahan belimbing wuluh yang menjadi pembeda dari makanan satu ini. Pindang bandeng sangat segar dan lezat, sama seperti nasi uduk makanan satu ini biasa disantap pada pagi hari dan menjadi menu sarapan bagi masyarakat Jakarta. Pindang bandeng biasa di masak pada sore hari sebelumnya dan  disajikan pada pagi hari.

11.Soto Tangkar



Makanan satu ini merupakan makanan yang telah ada pada masa penjajahan Belanda. Pada saat itu orang-orang Betawi hanya mampu membeli sapi yang mempunyai sedikit daging yang kemudian orang Betawi menyulapnya menjadi soto yang begitu enak yaitu soto tangkar. Sekarang soto tangkar menjadi makanan yang sangat terkenal di Jakarta. Dengan tambahan daging dan jeroan soto tangkar danjuga kuah santan menjadi sangat lezat untuk di nikmat

12. Nasi Kebuli
 

Makanan khas Jakarta atau Betawi ini merupakan makan yang banyak ditemui pada acara yang berkaitan dengan keagamaan seperti pengajian, syukuran dan lain-lainnya. Bagi masyarakat Betawi sendiri nasi kebuli merupakan makanan sangat penting yang biasanya disantap pada hari lebaran atau hari Idul Fitri.
 
Baca juga makanan khas padang, Jogja, jambi, Bangka.

1 Response to "Makanan Khas Jakarta Yang Begitu Menggoda"