Jenis Makanan Peningkat Daya Ingat Otak

Berbagai macam cara untuk meningkatkan daya ingat. Ingatan seseorang sama dengan organ tubuh yang lain yang membutuhkan latihan teratur untuk selalu dalam kondisi baik, sama halnya seperti atlet yang harus melatih tubuhnya untuk menghadapi masa-masa yang sulit dan agar tetap fit. 

Daya ingat memerlukan pelatihan khusus agar tetap dalam kondisi prima dan kemampuannya meningkat.  Salah satu yang menyebabkan kurangnya daya ingat yaitu kurangnya makanan yang  bernutrisi. Makanan yang bernutrisi merupakan kebutuhan setiap manusia. setiap makanan mempunyai kandungan nutrisi, namun ada makanan yang mempunyai fungsi khusus.
  
Berikut merupakan beberapa makanan yang kaya nutrisi yang dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat serta merangsang pertumbuhan sel-sel otak.

1. Ikan Salmon

 

Ikan salmon merupakan sumber terbaik dari asam lemak omega-3 (DHA dan EPA) yang sangat penting terhadap pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. Mengkonsumsi asam lemak omega 3 dapat meningkatkan daya ingat dan berfikir yang tajam. Salmon merupakan makanan yang sulit dan juga mahal, karena kandungannya yang sangat bermanfaat.

2. Telur


Telur merupakan sumber protein. Telur ternyata mengandung kolestrol pada bagian kuningnya, namun kaya akan kolin yaitu zat yang mampu meningkatkan perkembanga.Telur sangat mudah untuk ditemukan dan harganya juga terjangkau. Walaupun telur mengandung kolesterol, bagian kuning telur ternyata kaya akan kolin, yaitu suatu zat yang bisa membantu meningkatkan daya ingat atau memori anda.

3. Selai Kacang


Makanan yang mampu meningkatkan daya ingatan selanjutnya yaitu kacang tanah dan selai kacang. Makanan ini diketahui kaya akan vitamin E, antioksidan. Makanan ini sangat berperan dalam melindungi membran-membran sel saraf. Vitamin E mampu membantu sel saraf dan otak untuk penggunaan glukosa menjadi kebutuhan energi. Makanan ini sangat mudah ditemukan ditoko-toko atau mini maerket, dan harganya pun cukup terjangkau.

4. Gandum Murni


Makanan selanjutnya yaitu Gandum murni. Gadum murni mempunyai suplay glukosa yang stabil dan konstan yang sangat cocok untuk kebutuhan otak. Gandum murni juga mengandung vitamin B untuk memelihara kesehatan, dan juga mengandung serat yang membantu pelepasan glukosa.

5. Oat Meal

 
Oat meal merupakan makanan yang menrupakan sumber nutrisi yang bagus untuk otak. Oat merupakan sejenis sereal yang populer di kalangan anak-anak. Oat meal mengandung banyak seklain nutrisi di dalamnya seperti Vit B, Vit A, seng, serat, seng, dan potasium yang mampu membuat kondisi otak anda prima.

6. Susu dan Yoghurt


Makanan yang mampu meningkatkan daya ingat lainnya yaitu susu dan yougurt yang merupakan  produk susu yang mengandung vitamin B dan protein yang tinggi. Vitamin B dan protein merupakan nutrisi yang penting dalam membantu pertumbuhan jaringan otak, enzim, dan neurotransmitter. Susu dan yougurt juga mengandung karbohidrat dan protein yang menjadi sumber energi untuk otak.

Itu lah beberapa makanan yang mampu membantu dalam meningkatkan daya ingat otak dan dapat memenuhi nutrisi dalam tubuh.

0 Response to "Jenis Makanan Peningkat Daya Ingat Otak"

Post a Comment