Kelezatan Kuliner Makanan Khas Jogja Yang Harus Kalian Coba

Jogja dikenal sebagai kota pelajar. Kota jogja juga merupakan salah satu tempat yang sering dikunjungi para wisatawan luar negeri. Salah satu kota dengan tempat wisatanya yang begitu indah. Selain tempat wisatanya, jogja juga merupakan salah satu kota dengan beragam kuliner yang begitu nikmat dan lezat sehingga  membuat kota ini sebagai tujuan para wisatawan luar negeri yang berburu makanan lezat. 

 

Apa-apa saja kuliner atau masakan khas jogja yang membuat makanan ini menjadi buruan para wisatawan? Berikut merupakan makanan khas asli dari jogja:

 

1. Gudeg

 


Gudeg adalah makanan khas dari jogja yang bahan utamanya terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan campuran santan. Dalam proses pembuatannya, gudeg membutuhkan waktu yang lumayan lama hingga berjam-jam. Gudeg sendiri berwarna cokelat setelah dimasak, warna cokelat tersebut dihasilkan dari daun jati yang dimasak bersama gudeg tersebut. 

 

Dalam penyajiannya gudeg dimakan bersama nasi  dan kuah santan yang kental, serta ditemani oleh ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng. Gudeg memiliki banyak varian, setiap varian memiliki ciri khas, seperti gudeg kering yang disajikan dengan kuah kental, kekentalannya lebih dari kentalnya gulai masakan padang, kemudian gudeg basah, yang disajikan dengan arah encer atau kuah yang encer, dan gudeg solo, yang kuahnya berwarna putih.

 

2. Oseng-oseng Mercon

 

Oseng-oseng mercon merupakan makanan khas jogja yang mempunyai rasa yang sangat pedas. Makanan ini memiliki nama yang cukup aneh yaitu mercon yang merupakan mainan atau petasan yang biasa dimainkan oleh anak-anak. Nama mercon diambil mungkin karena rasanya yang begitu pedas yang bisa membuat mulut kita seakan ingin meledak. Buat kalian yang suka dengan makanan yang bercita rasa pedas makanan satu ini sangat cocok buat kalian.

 

3. Jadah Tempe

 

 

Makanan tradisional yang berasal dari sleman, Yogyakarta yaitu Jadah tempe. Jadah tempe  merupakan makanan yang cukup sulit untuk ditemukan disembarangan tempat, karena makanan ini hanya bida ditemukan disekitar tempat wisata yang berada dilereng gunung merapi. Kombinasi dari dua jenis makanan yaitu jadah yang merupakan olahan dari ketan dan tempe ataupun tahu. Makanan ini biasanya dibungkus atau disajikan dengan daun pisang. 

 

Makanan ini memiliki rasa gurih karena campuran dari parutan kelapanya, dan lebih nikmat lagi jika dicampur dengan cabe rawit yang memiliki rasa pedas. Makanan ini merupakan makanan yang cukup terkenal apa lagi ketika Sri Sultan Hamengkubuwono IX pernah mencicipi jadah tempe dan menyukai makanan ini. Makanan ini juga sangat murah. Harganya hanya Rp.10.000 – Rp.20.000.

 

4. Cethil



Cethil, makanan atau jajanan khas jogja, Rasa nikmat harga murah dan mudah ditemukan di kota jogja. Cethil merupakan kue yang cukup terkenal. Kue ini biasanya dijajakan di pasar. Kue ini memiliki ukuran kecil-kecil dan berbentuk kotak warna-warni. Kue ini juga dilumuri bagian luarnya dengan parutan kelapa dan juga gula pasir sehingga menciptakan rasa yang gurih dan manis. Kue ini juga memiliki kekenyalan yang membuat daya tarik tersendiri ketika akan dimakan.

 

5. Tiwul

 

 

Bagi masyarakat jogja tiwul merupakan makanan pokok, karena tiwul dijadikan sebagai makanan pengganti nasi pada umumnya. Tiwul ini terbuat dari bahan singkong atau ketela pohon. Biasanya mayarakat wonosobo, wonogiri, Gunung kidul, Pacitan dan Blitar mengkonsumsi makanan ini sehari-hari sebagai pengganti nasi. 

 

Tiwul memiliki Kandungan kalori yang lebih rendah dari pada beras. Tiwul juga biasa dijadikan sebagai obat dari berbagai penyakit, seperti maag, keroncongan, dan sebagainya. Tiwul dibuat dari gaplek. Makanan ini hampir sama dengan oyek, makanan berasal dari kebumen, Banyumas, dan cilacap, karena berasal dari gaplek, namun kedua makanan ini tidaklah sama karena dalam proses pembuatannya yang berbeda.

 

6. Gatot

 

 

Gatot terbuat dari bahan singkong atau yang terbuat dari gaplek sejenis singkong dikeringkan.  Sama seperti tiwul singkong dikupas dibersihkan dan dijemur untuk pengeringan agar menjadi gaplek, yang membedakannya hanya penggunaan singkong pada gaplek haruslah yang berkualitas baik. Cara  pembuatan gatot cukup sederhana, stelah melalui proses pembersihan dan pengeringan selama 12 jam, kemudian gaplek dicuci bersih kemudian di potong kecil-kecil, lalu dikukus hingga 2 jam. Setelah melalui proses pengukusan gotot kemudian diletakan pada wadah agar cepat dingin.

 

itulah makanan khas jogja yang sangat terkenal, makanan yang harus kalian coba jika berkunjung ke kota jogja.

0 Response to "Kelezatan Kuliner Makanan Khas Jogja Yang Harus Kalian Coba "

Post a Comment