10 Makanan/Kuliner Khas Daerah Jambi

 Makanan Atau Kuliner Khas Daerah Jambi
Makanan khas jambi-Jambi Merupakan salah satu Provinsi di Indonesia yang terletak di pesisir timur di bagian tengah Pulau Sumatera. Jambi merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang nama ibukotanya sama dengan nama provinsinya. 
Dahulu Kota Jambi merupakan bagian dari kerajaan melayu yang berpusat sepanjang sungai batang hari dengan pusat kerajaannya yaitu di Dharmasraya Sumbar, sebuah sejarah mencatat peristiwa yaitu ekspedisi pamalayu dari kerajaan Singosari dan penyerahan arca amongshapasa yang didirikan dipusat kerajaan melayu dharmasraya.

yang sekarang tersimpan di museum Nasional Jakarta, awalnya kata melayu bukan merujuk etnis namun kata melayu adalah nama kerjaan yakni Melayu (perbukitan) yang didirikan etnis Minang, semakin lama kata melayu berubah makna merujuk kepada etnis atau suku yakni orang atau keturunan yang berasal dari wilayah kerajaan melayu. Bahasa Melayu Jambi sendiri sangat mirip dengan banda bahasa masyarakat lokal Dharmasraya, termasuk sama seperti Melayu Palembang dan Melayu Bengkulu, yaitu berdialek "o".

Selain dari sejarahnya, Jambi juga mempunyai kuliner yang patut dicoba cita rasanya. Jambi mempunyai makanan khas tersendiri sama seperti daerah-daerah lainnya, makanan daerah jambi banyak mengandung  rempah-rempah dan pewarna alami. Apa-apa saja makanan khas daerah jambi? berikut beberapa makanan khas daerah jambi yang patut kalian coba.


1. Tempoyak



Tempoyak merupakan makanan yang sangat terkenal bagi daerah jambi, makanan yang sering dibuat oleh masyarakat jambi khususnya ibu-ibu rumah tangga. Tempoyak ini merupakan masakan yang berasal dari buah durian yang sudah di fermentasi. Tempoyak ini merupakan makanan yang biasanya di konsumsi sebagai lauk saat menyantap nasi. Tempoyak juga dapat dimakan langsung, namun jarang sekali dilakukan karena kebanyakan orang yang tidak tahan dengan rasa asam dan aroma dari tempoyak itu sendiri. Selain itu, tempoyak sering dijadikan bumbu masakan bahan-bahan makanan lain.  

Tempoyak tempoyak bisa bertahan cukup lama, karena adanya penambahan garam dalam proses pembuatannya. Proses fermentasi pada tempoyak tentunya dibantu oleh berbagai mikroorganisme fermentor, organisme ini juga membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Tempoyak  sering dijadikan buah tangan oleh masyarakat yang berkunjung ke daerah jambi, sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat lokal pembuat Tempoyak.

2. Nasi Gemuk




Ada juga yang namanya Nasi gemuk, banyak  cara untuk menikmati sepiring nasi, mulai dari cara penyajiannya hingga cara memasaknya, seperti digoreng. Nah kuliner kali ini yaitu Nasi Gemuk, nasi yang dikukus dengan campuran santan. Kalau pulau Jawa memiliki nasi uduk, maka Pulau Sumatra memilih nasi gemuk sebagai saingan nasi uduk. Jika dilihat sekilas, nasi gemuk dan nasi uduk benar-benar persis, karena proses pembuatan nasinya yang sama persis. Biasanya nasi gemuk disantap pada saat sarapan. 

Nasi gemuk juga ditemukan di Malaysia atau Singapura, namun lebih dikenal sebagai Nasi Lemak, karena rasanya yang berminyak dan kandungan santan didalamnya. Nasi gemuk terbuat dari bahan beras, santan, daun salam, daun jeruk, dan daun pandan. Agar lebih nikmat dan memperkuat rasa, ditambahkan juga bumbu halus yang terbuat dari bawang merah, bawang putih, lada, ketumbar, dan jintan.

Proses pembuatan nasi gemuk  yaitu mencampurkan beras dengan bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan, diaron, lalu dikukus selama sejam. Untuk menikmati seporsinya nasi gemuk cukup mengeluarkan uang sekitar Rp. 4000-Rp. 6000. Nasi gemuk bisa dinikmati dengan berbagai menu-menu pelengkap seperti telur rebus atau telur dadar iris, kerupuk, kacang goreng, sambal terasi, acar, irisan mentimun, dan bawang goreng agar rasanya lebih gurih.

3. Kue Burgo



Masakan khas jambi yang satu ini, makanan yang begitu lezat, dan cara pembuatannya yang sangat mudah, namanya Burgo. Burgo ini sangat unik, terbuat dari campuran tepung sagu, tepung beras dibuat dadar dan digulung kemudian dipotong potong, disajikan dengan kuah burgo dan bahan pelengkap seperti telur rebus. Makanan ini juga ditemani dengan kuah yang sangat enak sedap dan gurih. Kuah yang terbuat dari kaldu ikan dan udang membuat rasa kue yang semula terasa kenyal menjadi lebih gurih dan mantap.

4. Gulai Tepek Ikan



Makanan khas Jambi selanjutnya gulai tepek ikan yang lezat. Merupakan salah satu  masakan khas dari Provinsi Jambi. Jika Sumatera Selatan punya pempek dan Sumatera Barat punya gulai, maka Jambi punya gulai tepek ikan. Berada didekat Sumatera Selatan dan Sumatera Barat membuat kuliner provinsi Jambi sedikit banyak mirip kuliner di kedua provinsi tersebut. Tepek ikan adalah ikan olahan yang dimasak dengan cara digulai, tepek ikan sangatlah mirip dengan pempek karena baik cara pembuatanya dan bahan yang digunakan sama. perbedaanya hanya pada kuah yang digunakan, kalau pempek menggunakan cuko maka gulai tepek ikan menggunakan kuah dari gulai, biasanya ikan yang digunakan untuk membuat gulai tepek adalah ikan tenggiri atau gabus. 

Masakan gulai tepek ikan memiliki cita rasa yang segar karena menggunakan irisan nanas yang memiliki rasa asam. gulai tepek ikan biasa dihidangkan pada moment-moment penting seperti pada saat pernikahan, kenduri, dan upacara adat. 


5. Dodol Kentang Kerinci




Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi, Indonesia tidak hanya menyediakan pemandangan alam serta pegunungan yang indah namun juga sebagai tempat berbagai macam tanaman pertanian yang tumbuh dengan subur di daerah ini. Salah satunya tanamannya adalah tanaman kentang. Masyarakat Kerinci menjadikan kentang sebagai tanaman yang dapat diolah menjadi makanan ringan yang disebut dodol kentang. Dodol yang terbuat dari kentang ini berasa lembut, manis tetapi tidak terlalu kenyal karena terbuat dari kentang pilihan dari varietas granola yang mempunyai tekstur lembut. 

Dodol kentang sebenarnya bukan makanan khas dari daerah Kerinci. Namun, berkat campur tangan Pemerintah setempat melalui dinas perindustrian pada akhir 1990-an dodol kentang ini menjadi primadona makanan ringan yang dijadikan makanan khas Kabupaten Kerinci. Dalam Proses pembuatan dodol kentang bahan baku yang digunakan adalah kentang, kelapa, gula, tepung ketan putih, garam, vanili, dan lain-lain. Sedangkan peralatan yang digunakan adalah kuali besi, sendok goreng, tungku, pisau, alat cetakan, saringan, baskom, talenan dan rak penjemuran.

6. Gulai Patin




Berikutnya yaitu Gulai Patin yang merupakan masakan khas Jambi, dimana masyarakat lokalnya sangat mempopulerkan makanan ini. Gulai ini juga dimasak dengan menggunakan tempoyak dengan santan kelapa, penggunaan santan untuk menghindari aroma dari rasa tempoyak yang cukup menyengat. Dalam pembuatan Masakan Gulai Ikan Patin ini Selain tempoyak bumbu lain yang digunakan adalah cabe merah, lengkuas, serai, kunyit, bawang merah dan bawah putih. 

Ciri khas gulai adalah bumbunya yang kaya rempah antara lain kunyit, ketumbar, lada, lengkuas, jahe, cabai merah, bawang merah, bawang putih, adas, pala, serai, kayu manis dan jintan yang halus. Masakan ini yang memiliki ciri khasnya berwarna kuning karena pengaruh sari kunyit. Masakan ini dianggap sebagai bentuk lain dari kari, dan secara internasional sering disebut sebagai kari alanya Indonesia, meskipun dalam seni kuliner Indonesia juga ditemukan kari.

7. Kue Srikaya




Selanjutnya sejanis kue makanan khas daerah memiliki beragam karakter rasa yang berbeda-beda dengan cara pembuatan yang berbeda-beda pula. Dari Sabang sampai Merauke kalian akan menemukan banyak sekali kuliner yang tak ada habisnya, mulai dari masakan yang pedas, berkuah, panggang, hingga masakan mentahan yang unik. salah satu makanan unik khas Jambi adalah Kue Srikaya. Tidak terbayangkan dengan kita bagaimana buah yang biasanya menjadi  minuman dan jus ternyata bisa juga menjadi olahan kue yang nikmat dan mantap rasanya. Namanya srikaya namun tidak menggunakan buah srikaya, melainkan memakai tape sebagai bahan utama. 

Kue Srikaya terbuat dari tape yang dicampur dengan santan, kemudian diberi pewarna hijau dalami yang berasal dari daun pandan (sekaligus memiliki wangi khas pandan). Selain itu juga ditambahkan pula gula dan rempah - rempah pendukungnya. Kue srikaya memiliki rasan yang sangat nikmat dan juga aroma yang khas. Kue ini menggunakan daun pandan untuk menciptakan aroma wangi dan lezat. Kue srikaya yang beraroma pandan ini merupakan salah satu alternatif pilihan yang bisa kalian sajikan dalam berbagai acara seperti arisan keluarga karena selain rasanya yang enak, biaya pembuatannya juga relatif murah.

8. Gandus




Selain makanan berat seperti nasi gemuk, Jambi juga punya kue tradisional lainnya yang juga terkenal. Salah satu kue yang berada di Provinsi Jambi itu adalah gandus. Karena wilayah yang berdekatan dengan Sumatera Selatan, sehingga kue ini dikenal di kedua tempat. Kue gandus ini mirip dengan talam ebi. Warnanya yang putih seperti susu. Kue  ini terbuat dari campuran tepung sagu, beras, garam dan santan. Untuk Adonannya diberi bumbu halus dari bawang putih, bawang merah dan cabai. Kue gandus ini bisa dicetak dengan cetakan berbentuk mangkuk atau loyang persegi.

Rasanya begitu enak dan gurih karena diberikan taburan diatasnya yaitu berupa bawang goreng. Jika anda ingin mencoba untuk mencicipinya, anda dapat dengan mudah membeli di pasar Jambi namun jangan khawatir di luar Jambi pun banyak yang menjual kue Gandus ini. Dan jika anda tidak menemukannya, anda bisa membuatnya sendiri di rumah dan tentunya akan lebih sehat serta bahannya pun jelas sesuai dengan resep atau keinginan anda tanpa ada bahan tambahan buatan lainnya.  

9. Daging Hitam




Ini merupkan olahan daging untuk peneman nasi yaitu daging masak hitam, makanan khas Jambi ini mungkin agak mirip dengan Semur orang Betawi yang kuahnya hitam pekat dan manis gurih sehingga dapat membuat kita ketagihan. Daging yang khas digunakan dalam membuat sajian ini, menjadikan makanan ini memang benar-benar nikmat. Daging yang begitu lembut dengan bumbu yang meresap sempurna dan apalagi rasa kecap manisnya membuat sajian asal Jambi ini tersaji dengan sempurna.

10. Cumi Cah Kangkung




Jambi juga memiliki masakan tumisan yang tidak kalah dari daerah lainnya. Mereka punya resep tumis kangkung yang cukup unik yang ditambah dengan cumi segar dengan rasa kecap ikan yang segar. Masakan ini sering disebut Cumi Cah Kangkung. Dalam membuat Cumi Cah Kangkung sebenarnya hampir sama dengan tumis kangkung pada umumnya. Namun yang berbeda adalah pemberian cuminya pada tumisan kangkung dan bumbu yang digunakan. Sehingga menjadikan Cumi Cah Kangkung ini berbeda dengan yang lainnya.Resep Masakan Cumi Cah Kangkung Khas Jambi ini memiliki proses pembuatan yang sangat sederhana dan mudah untuk dipraktikkan. Jadi, kami yakin anda bisa mempraktikkannya dirumah.Tentu saja, Cumi Cah Kangkung ini memiliki khasiat kesehatan jika kita melihat dari komposisi bahan masakannya.Cumi, dibalik dagingnya yang kenyal dan manis, menyimpan segudang khasiat bagi kesehatan.

itulah bebarapa makanan khas jambi dari sekian banyaknya makanan asli jambi, bagi kalian pecinta kuliner jika berkunjung  ke jambi jangan lupa untuk mencicipi makanan khas jambi ini.





2 Responses to "10 Makanan/Kuliner Khas Daerah Jambi"