20 Oleh-Oleh Khas Jogja Yang Begitu Terkenal Dan Banyak Dicari

20 Oleh-Oleh Khas Jogja Yang Begitu Terkenal Dan Banyak Dicari 


Kota jogja terkenal akan tempat wisata, bahkan para wisatawan yang libur panjang menyempatkan waktunya untuk berliburan ke Kota jogja, tak heran kota ini menjadi salah satu tempat favorit untuk dikunjungi saat liburan. 

Selain menyediakan tempat wisata yang begitu indah, kota Jogja juga mempunyai tempat wisata kuliner yang begitu nikmat, dan tak sedikit para wisatawan yang mencari kuliner khas kota Jogja. 

Kota pelajar ini juga memiliki sesuatu berupa buah tangan yang akan dibawa jika sudah berpulang liburan dari kota Jogja yang khas baik itu berupa makanan maupun kerajinan. Selain itu banyak jenis lagi yang bisa dijadikan buah tangan.

Kali ini Bangben akan memberi informasi kepada kalian yang ingin berkunjung ke kota Jogja, yaitu oleh-oleh khas dari kota Jogja yang banyak dicari dan terkenal

1. Gudeg Kering
Gudeg merupakan makanan khas Jogja yang cukup terkenal dan bahkan banyak diminati para wisatawan. Buat kalian pecinta gudeg kalian bisa menjadikan makanan ini sebagai oleh-oleh dari Jogja.

Gudeg memiliki 2 jenis, gudeg basah dan juga gudeg kering. Kalian bisa menjadikan gudeg kering sebagai oleh-oleh dan juga lebih cocok. Gudeg kering bisa bertahan lebih lama dibandingkan gudeg basah bisa bertahan hingga 3 hari, dan bisa disimpan dilemari es. 

Gudeg basah dan gudeg kering umumnya tidak jauh berbeda, yang membedakannya hanya dalam proses memasaknya yang membutuhkan waktu yang cukup lama, dan gudeg kering ini memiliki rasa yang lebih manis dibandingkan gudeg basah. 

Buat kalian pecinta Gudeg kalian bisa menjadikan makanan ini sebagai oleh-oleh khas dari jogja, Kalian bisa mendapatkannya disalah satu tempat  gudeg di Jogja  yaitu Gudeg Yu Djum yang terletak di Jalan Kaliurang 5, Yogyakarta.

2. Kerajinan Perak
Oleh-oleh khas Jogja satu ini merupakan kerajinan perak yang merupakan kerajinan yang berbagai macam seperti hiasan dinding maupun meja. Kerajinan perak ini sudah banyak mengimpor barangnya ke luar negeri bahkan sejak zaman Belanda. 

Untuk mendapatkannya kalian bisa langsung mendatangi para perajinnya atau toko-toko yang ada di kota Jogja, salah satunya yang ada di Kota Gede, berjarak 5 km dari pusat kota Yogyakarta, yang dikenal sebagai penghasil bahkan sentranya di kota Jogja sejak zaman Mataram.

3. Kaos Dagadu
Oleh-oleh satu ini wajib kalin beli dan dibawa pulang sebagai buah tangan khas dari kota Jogja. Arti dari Dagadu sendiri berasal dari bahasa gaulnya Yogyakarta yang artinya "mata mu".

Kaos dagadu memiliki ciri unik tersendiri dari kaos-kaos lainnya karena pada bagian kaos memiliki tulisan yang unik dan lucu karena di plesetin.

Untuk mendapatkannya kalian bisa menemukannya di Malioboro, Amborikmo plaza dan juga di daerah Pakuningkaratan yang merupakan tempat produksi dari kaos Dagada karena pabriknya ada disana.

4. Geplak
Satu ini Oleh-oleh khas Jogja berupa jajanan yang memiliki rasa yang manis, dan bisa dijadikan sebagai cemilan dan mudah untuk dibawa-bawa, dan sangat praktis.Geplak khas Jogja terbuat dari daging kelapa yang dimasak dengan campuran gula dan diiris tipis-tipis. Geplak memiliki rasa yang beragam dan bahkan dibuat warni-warni sehingga menarik untuk dibeli. Sangat cocok untuk dijadikan cemilan dan oleh-oleh untuk sanak saudara dirumah.

Nah buat kalian yang ingin mendapatkan makanan ini kalian tidak usah susah-susah, kalian bisa mendapatkannya hampir disemua toko-toko yang ada di Yogyakarta menjual  geplak ini. Dan kalian juga bisa mendapatkannya di toko oleh-oleh khas jogja Geplak Mbok Tumpuk Bantul yang begitu legendaris dan juga sangat terkenal di jogja. Buat kalian yang ingin membawa oleh-oleh khas jogja namun bingung mau membeli apa, kalian bisa menjadikan geplak ini sebagai oleh-oleh khas jogja.

5. Salak Pondoh
Selain dari makanan yang bisa anda cari disetiap sudut kota Jogja, terdapat juga oleh-oleh yang banyak dicari para wisatawan yang terdapat di daerah Sleman bagian utara, apalagi kalau bukan salak atau dikenal dengan salak pondoh. Untuk mendapatkan salak pondoh ini kalian tidak usah susah-susah karena banyak salain pedagang kios di daerah sleman yang menjual salak pondoh ini. 

Salak pondoh memiliki rasa yang manis dan tidak terlalu kelat. Kalian juga bisa memetik sendiri di kebun salak jika kalian mau, kalian bisa langsung datang ke petani agrowisata yang ada di daerah Sleman. Harga salak pondoh sangat bervarian tergantung dikios mana anda beli, dan juga tergantung kualitas salaknya sendiri. Untuk itu pandai-pandai lah kalian dalam menawar harganya. 

6. Cokelat Monggo
Oleh-oleh Jogja satu ini merupakan makanan yang banyak digemari dan disukai oleh banyak orang yaitu cokelat. Cokelat Monggo merupakan cokelat dengan rasa eropa produk nasional. Cokelat yang berlabel cokelat monggo olahan biji kakau ini ternyata banyak diburu wisatawan. Rasa cokelat yang memiliki tekstur lembut yang menjadi ciri khas cokelat ini.

Banyak varian rasa yang disedikan dari cokelat monggo ini. Salah satunya rasa strowbery yang banyak diminati wisatawan. Beragam varian rasa berasal dari isinya ada isian dari manisan jahe, dan ada juga dari kacang mende yang dipanggang. Disebut becita rasa indonesia karena bahan dan isian semua berasal  dari indonesia tanpa mendatangkan bahan dari luar negeri.

7. Gerabah Kasongan
Gerabah kasongan merupakan salah satu kerajinan tangan yang terbuat dari tanah liat. Kasongan sendiri berada di kabupaten Bantul, Yogyakarta. Gerabah kasongan sudah sejak lama terkenal akan kerajinan nya bahkan para penduduk yang berada di daerah tersebut sudah ahli dan bahkan turun temurun dalam membuat gerabah, sehingga tidak heran banyak warganya yang menjual gerabah.

Kerajinan yang dibuat di daerah kasongan ini sangat bervariasi, tidak hanya membuat kerajinan untuk peralatan dapur saja, namun semakin modern, produk dihasilkan yaitu guci, patung, pot bunga, keramik, dan banyak jenis lainnya. Sekarang gerabah kasongan sudah banyak dijual di toko-toko show room atau toko-toko penjual kerajinan tangan. Kasongan ini bisa kalian jadikan oleh-oleh khas dari jogja 

8. Gatot
Gatot merupakan makanan khas jogja yang berasal adri gunung kidul. Gatot sendiri merupakan produk ala wong cilik yang begitu terkenal dan sangat mudah ditemukan. Gatot adalah sisa bahan tiwul yang tidak diproses dengan baik yang dimanfaat menjadi gatot. Gatot terbuat dari singkong. Penasaran dengan makanan gatot ini? kalian tidak akan sulit untuk mendapatkannya, banyak para pedagang di jogja yang menjual gatot ini. Makanan ini dapat dijadikan sebagai salah satu oleh-oleh untuk keluarga dirumah.

9. Batik Jogja
Oleh-oleh khas jogja satu ini berupa pakaian yang identik dengan Indonesia yaitu batik. Batik jogja tidak bisa dilepaskan dari salah satu oleh-oleh khas jogja yang begitu terkenal dan juga banyak dicari wisatawan, dan wajib dibeli jika kalian berkunjung ke kota jogja. Batik tidak hanya dalam bentuk pakaian seperti baju saja, nah di jogja dengan kreativitas warga jogja batik banyak dijadikan souvenir-souvenir seperti shal, sendal bahkan tas.

Untuk mendapatkan batik ini tentu saja kawasan yang banyak menjual aneka barang-barang dan menjadi pusat perbelanjaan, di malioboro dan juga ada di pasar Baringharjo. Selain itu juga kalian bisa mengunjungi desa Karebet yang merupakan desa penghasil kerajinan batik. Desa Karebet tidak hanya menjual jenis batik berupa pakaian namun juga menghasilkan kerjinan tangan berupa gelang batik, topeng dan banyak jenis lainnya.

10. Bakpia 
Oleh-oleh khas Yogyakarta satu ini adalah bakpia yang terkenal. Banyak orang yang mengenal dengan makanan satu ini. Makanan ini berbentuk bulat kecil dan didalam nya terdapat isian yaitu kacang hijau. Banyak yang menyukai makanan satu ini dan makanan ini selalu dijadikan sebagai oleh-oleh khas dari jogja. Bakia merupakan makanan yang begitu gurih dengan perpaduan isian kacang hijau yang begitu nikmat, membuat makanan ini selalu menjadi cemilan juga. Nah buat kalian yang menyukai cemilan yang kering kalian bisa mencoba makanan satu ini dan kalian bisa mendapatkannya dipinggir jalan di kios-kios kota jogja. Jika kalian membelinya kalian juga harus teliti apakah bakpia tersebut masih baru atau sudah lama. Jika bakpianya sudah agak keras berarti bakpianya sudah lama dan tidak bagus lagi.

11. Wingko
Oleh-oleh khas jogja satu ini namanya wingko atau dikenal dengan wingko babat. Buat kalian yang sedang berwisata ke lamongan pasti kalian akan menemukan makanan ini, Namun di kota yogyakarta kalian juga bisa menemukan makanan ini , di toko-toko yang ada di yogyakarta banyak yang menjual makanan ini, salah satu nya di toko oleh-oleh Wingko Hayu Bantul, yang berada di jalan srandakan. Kalian bisa menumkan makanan ini disana.

Wingko babat ini memilki masa kaduarsa yang lumayan lama bisa sampai 5 hari. Nah ini bisa jadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang ke rumah. Wingko juga bisa dijadikan cemilan. Untuk harganya tidak terlalu mahal dan sangat terjangkau, hanya dengan harga Rp.10.000 kalian sudah bisa menikmati  cemilan atau makanan ini. 

12. Emping Malinjo
Emping malinjo merupakan makanan ringan banyak digemari oleh warga Indonesia. Buah malinjo yang melimpah yang ada di Indonesia membuat masyarakat Indonesia menjadikan berbagai varian bentuk makanan seperti emping. Selain bauh malinjo yang dijadikan emping, daunnya pun juga bisa dijadikan utuk lauk pauk seperti sayur lodeh, dan terkadangpun dijadikan campuran menggoreng telur.

Emping malinjo memiliki berbagai varian rasa dan begitu banyak yang di suguhkan oleh eping malinjo ini. Setiap rasapun memiliki ciri khas ketika didalam mulut. Diantara varian rasa yang disuguhkan oleh emping malinjo diantaranya rasa pedas, manis, pedas manis dan balado. Untuk mendapatkannya sangat lah mudah kalian bisa menemukannya di kios-kios penjual oleh-oleh khas yogyakarta, atau kalian bisa mendapatkannya secara online, bisa melalui bukalapak, tokopedia dan toko-toko online lainnya. 

13. Tas Batik Jogja
Tas batik merupakan salah satu tas yang dijadikan oleh-oleh khas dari jogja. Tas batik sering digunakan seperti acara seminar dal lain-lain. Tas yang bercorak batik memang sangat identik dengan Indonesia yang merupakan produksi kain batik. Tas batik jogja memilki bentuk yang elegan kuat dan juga menarik. Kalian bisa menjadikan oleh-oleh khas dari jogja jika berkunjung ke kota jogja. 

14. Belalang Goreng
Oleh-oleh dan makanan khas dari gunung kidul satu ini merupakan makanan yang mungkin agak aneh di telingan kalian, yaitu Belalang goreng. Makanan ekstrim ini dapat kalian temukan jika kalian berliburan dengan mengunjungi kabupaten ini. Banyak para pedagang disekitar gunung kidul yang menjual makanan ini. Dan banyak kios-kios yang menjual belalang hanpir di sepanjang jalan di kota gunung kidul.

Kalian bisa mendapatkan makanan ekstrim ini dengan harga Rp.12.000 ukuran besar dan bisa dalam ukuran kecil dengan harga Rp.6000 saja dan sudah dikemas dalam bentuk toples. Dan salah satu merk dari makana ini yang begitu terkenal yaitu Belalang Pak Gareng dengan rasa yang begitu gurih dan renyah  membuat makanan ini banyak dicari.  

15. Yangko 
Yangko merupakan makanan yang terbuat dari tepung ketan berbentuk persegi empat dan memiliki warna warni. Yangko memiliki rasa yang begitu bervarian dan memiliki cirri khas tersendiri. Selain dari rasany yang dominan manis, yangko juga memiliki rasa seperti buah-buahan seperti nangka, cokelat, durian, dan juga strowbery. Yangko juga merupakan makanan yang terkenal selain bakpia, banyak wisatawan menjadikan cemilan ini sebagai oleh-oleh khas dari jogja. Yangko bisa kalian dapatkan di pusat perbelanjaan oleh-oleh yang ada di kota Yogyakarta, seperti di kawasan Pathuk Jl Gadjahmada, Jl Mataram.Nah buat kalian yang berkunjung ke kota Yogyakarta jangan lupa untuk membeli oleh-oleh satu ini.

16. Enthung
Makanan satu ini merupakan makanan yang begitu ekstrim dan sangat jarang dimakan oleh orang -orang pada umumnya dan bisa dibilang makanan yang tidak lazim di konsumsi. Namun masyarakat gunung kidul menyulap makanan ini menjadi makanan yang begitu lezat, walaupun bangben pernah mencobanya namun katanya makanan ini sangat gurihi dan nikmat. Entung sendiri merupakan makanan dari ungkrung (Ulat Jati). Mendengarnya saja bagi orang-orang akan jijik apalagi memakannya namun di desa gunung kidul menjadikan makanan ini seperti cemilan.

NAh buat kalian yang penasaran dengan cemilan atau makanan khas dari jogja satu ini kalian bisa menemukan di desa gunung kidul. Untuk harganya cukup mahal dengan bandrol sekitar Rp.70.000-80.000 kalian sudah bisa mendapatkan makanan ini, walupun terbilang mahal ya?..

17. Tasuba (Tahu Susu Bakso)
Oleh-oleh khas jogja satu ini namanya agak ke jepang gitu yaitu Tasuba, tapi ada kepanjangannya lho, yaitu Tahu Susu Bakso. Nah biasanya Tahu susu bakso merupakan makanan khas atau oleh-oleh khas dari Semarang, siapa sangka di Jogja juga memiliki oleh-oleh khas berupa Tasuba (Tahu Susu Bakso). Dan tidak kalahnya banyak varian rasa yang ditawarkan dari Tasuba sendiri. Dengan rasa yang begitu enak. Kelezatan yang begitu nikmat membuat makanan ini menjadi oleh-oleh khas jogja yang wajib kalian coba dan kalian beli jika berkunjung ke kota Jogja. 

Dalam proses pembuatannya Tsubasa tidak menggunakan bahan pengawet sehingga manjadikan makanan ini lebih higenis dan juga lebih sehat. Walaupun tanpa pengawet Tsabusa bisa bertahan lama, bisa mencapai 6-7 bulan, jangka waktu yang cukup lama dengan bahan makanan tanpa pengawet.  Untuk harganya pun kalian tidak perlu mengeluarkan gocek yang begitu banyak, hanya dengan harga Rp.32.000 saja kalian sudah bisa menkmati Tasuba ini dengan isi 5-10 tasuba. Nah buat kalian yang penasaran dengan makanan ini kalian bisa mendapatkannya dengan datang langsung ke pusat produksinya yang berada di Perum BPI (Bukit Permata Indah) A-12 jl. Candi Gerbang, sleman Yogyakarta. Nah tunggu apa lagi jika kalian sedang berliburan dan akan berkunjung ke kota jogja kalian bisa langsung ke sana dan mendapatkan tasuba ini. 

18. Souvenir malioboro 
Nah satu ini merpakan oleh-oleh berupa kerajinan tangan ada di Yogyakarta, mulai dari patung, mainan kunci, dan banak lainnya souvenir yang bisa menghiasi rumah kalian. Hampir disemua pinggir jalan malioboro kalian akan menemuka lapak-lapak yang manjual souvernir-souvenir ini. Harga yang dijualpun tidak juga terlalu mahal, mulai dari harga ribuan hingga ratusan ribuan bisa kalian dapatkan tergantung keinginan kalian. Nah buat kalian yang sedang berkunjung ke kota Yogyakarta, terasa rugi jika kalian tidak membeli oleh-oleh souvenir yang ada di kota Yogyakarta.

19. Keripik Belut
Oleh-oleh khas jogja kali ini berupa makanan. Makanan yang tahan lama, gurih, renyah dan seperti keripik, ya ini dia keripik belut. Biasa orang memuat keripik dari bahan seperti ubi dan kentang. Di jogja masyarakatnya begitu kreatif dengan membuat makanan yang biasa menjadi lauk pauk, dibuat menjadi cemilan berupa keripik belut. Dengan dibuat menjadi keripik sebagai cemilan menjadikan keripik belut ini sangat cocok disantap bersama keluarga dan juga sahabat.

Dalam proses pembuatan keripik belut, belut yang digunakan terlebih dahulu dibuang tulangnya kemudian dibersihkan, barulah dibumbui dengan bumbu khas untuk membuat keripik belut. Setelah dibumbui barulah belut tadi dibalut dengan campuran tepung beras, tepung kanji dan juga santan agar membuat keripik belut manjadi gurih dan  renyah. 

Nah, bagi kalian pecinta kuliner dan juga jajanan yang ingin atau sedang berliburan ke kota jogja, kalian bisa membeli keripik belut ini sebagai cemilan ataupun bisa dijadikan oleh-oleh khas jogja. Dalam penyimpanannya keripik belut ini tahan lama, jadi kalian tidak usah takut. Kalian bisa mendapatkan keripik belut ini di pusat pasar Godean dan toko-toko yang menjual oleh-oleh khas jogja. Dan untuk harganyapun cukup terjangkau dengan bandrol Rp.50.000 - 60.000 kalian sudah bisa mendapatkan keripik belut ini. 

20. Brownis Ubi Ungu
Brownis ubi ungu merupakan kue yang terbuat dari ubi jalar ungu yang memiliki banyak manfaat. Berbeda dengan brownis lainnya yang biasa bercita rasa manis kemudian campuran cokelat dan gula, brownis ubi ungun ini menggunakan ubi ungu sebagai bahan utamanya. Selain dijadikan untuk  brownis ubi ungu juga serinf dijadikan sebagai bahan membuat pia, keripik, donat, es krim dan banya jenis makanan lainnya. 

Buat kalian pecinta kue kalian bisa membuat atau membali brownis ini sebagai oleh-oleh khas dari jogja. Dengan harga yang terjangkau kalian bisa mendapatkan brownis ini dengan harga Rp.40.000-50.000.







0 Response to "20 Oleh-Oleh Khas Jogja Yang Begitu Terkenal Dan Banyak Dicari "

Post a Comment