8 Oleh - Oleh Khas Surabaya Yang Banyak Dicari Dan Terkenal

Oleh-oleh Surabaya yang banyak di cari Surabaya merupakan salah satu kota di Indonesia yang begitu menarik untuk dikunjungi saat liburan. Selain panorama dan kota yang begitu Indah, Surabaya juga menyajikan kuliner dan juga tempat wisata yang begitu menarik untuk dikunjungi. Nah jika kalian berkunjung ke kota Surabaya tentu kalian tidak hanya sekedar berkunjung dan pasti akan mencari oleh-oleh khas dari kota yang kalian kunjungi tersebut. 
Kali ini Bangben akan memberi informasi kepada teman-teman semua oleh-oleh khas dari surabya yang banyak dicari 

1. Bunarendang 
Bunarendang merupakan jenis makanan atau bisa dibilang jajanan yang cepat saji. Bunarendang sendiri merupakan kependekan dari Burger Rendang. Mendengar kepanjangan nya ternyata makanan ini merupakan campuran dari bumbu rendang yang ditumpuki dengan nasi yang telah dibentuk hingga menyerupai burgber. 

Jika burger biasanya menggunakan roti maka bunarendang menggunakan nasi, cukup unik bukan?. Bunarendang ternyata merupakan hasil kreasi dari anak-anak mahasiswa, mereka terinspirasi dari makananan atau jajanan yang termasuk ke dalam CNN. Rendang berger ini dibuat menjadi makanan cepat saji. Kalian bisa menjadikan makanan atau jajanan ini sebagai oleh-oleh khas dari surabaya, walau kita ketahui bahwa rendang merupakan khas dari Sumatera Barat. 

2. Almond Crispy 
Almond Crispy merupakan jajanan yang mulai terkenal. Walaupun masih baru dan baru awal kemunculannya jajanan ini bisa menjadi jajanan yang digemari. Jajanan khas surabaya ini terbuat dari bahan-bahan seperti tepung, gula, telur, keju, susu bubuk, dan juga almond sebagai topping. 

Jajanan ini sangat di sukai dan digemari karena rasa yang begitu gurih selain itu juga memiliki rasa yang berbagai varian, ada rasa original cheese, grean tea dan cokelat. Kalian yang berkunjung ke kota Surabaya bisa menjadikan makanan atau jajanan ini sebagai oleh-oleh khas Surabaya. 

3. Kerupuk Ikan Kenjeran 
Oleh-oleh yang satu ini merupakan hasil kreatif dalam membuat kerupuk, dengan memanfaatkan hasil laut yang begitu melimpah di pantai yang ada di Surabaya, salah satunya pantai Kanjeran. Hasil laut lainnya seperti seafood juga dijadikan bahan makanan seperti kerupuk. Salah satu kerupuk hasil laut yang dijual di Surabaya adalah kerupuk ikan kanjeran yang dijual masih dalam keadaan mentah dan juga dijual dalam keadaan siap santap. 

Kalian bisa membeli kerupuk ikan kanjeran ini dalam keadaan mentah yang bisa bertahan lama, apalagi untuk oleh-oleh yang mungkin membutuhkan waktu penyimpanan lama untuk sampai ke rumah. Untuk harganya sendiri Kalian bisa mendapatkan kerupuk ini dengan harga Rp.20.000-200.000, harga yang cucup terjangkau bukan?. 

4. Siropen Telasih 
Minuman khas Surabaya yang telah di prosuksi sejak tahun 1923 ini merupakan minuman yang sudah sejak lama, merupakan jenis minuman sirup dan pabriknya yang pertama di Indonesia. Seorang pengusaha Belanda yang tinggal di Surabaya yang mendirikan Siropen telasih ini. Dalam proses pembuatannya telasih masih mempertahankan produksi konvensionalnya untuk mempertahankan cita rasa yang masih asli dan juga unik sehingga sirop ini bertahan dan masih terkenal. 

Dalam pengolahannya pabrik siropen Telasih ini tidak menggunakan tekhnologi mesin namun masih menggunakan tenaga manusia, berbeda dengan pabrik lainnya yang banyak menggunakan mesin. Siropen Talasih ini memiliki nilai sejarah yang cukup tinggi, sebelum pabrik ini jatuh ke tangan Indonesia siropen ini tidak bisa dinikmati oleh seluruh kalangan masyarakat. Dan sirup ini pun beberapa kali sudah pindah tangan, dan akhirnya baru diambil alih oleh pemerintah Indonesia. 

5. Kaos Cak Cuk khas Surabaya 
Selain oleh-oleh berupakan makanan ada juga oleh-oleh lainnya yaitu jenis kaos. Kaos yang dijual juga cukup unik yaitu kaos cak cuk. Kaos cak cuk sudah mulai di prosuksi sejak tahun 2005. Berbagai jenis bentuk yang sudah diproduksi. Tidak hanya baju saja namun banyak jenis lainnya yang dijual seperti tas, gantungan kunci, pin, dan juga mug. 

Para pedagang yang menjual kaos cak suk sudah banyak tersebar di kota Surabaya, dan kalian tidak sulit untuk mendapatkannya. Kalian yang berkunjung ke kota Surabaya bisa menjadikan salah satu oleh-oleh khas Surabaya yaitu kaos cak cuk ataupun jenis souvenir lainnya. 

6. Oseng Tuna Asap 
Oleh-oleh khas Surabaya satu ini merupakan jenis makanan siap saji dan juga sangat praktis, dan bisa dibawa kemana-mana. Dilihat dari namanya oseng tuna asap merupakan jenis makanan yang berbahan dasar ikan tuna segar. Dalam proses pengolahannya ikan tuna asap sebelumnya telah di asapi hingga beberapa saat kemudian barulah dimasak menggunakan bumbu-bumbu pilihan dan terakhir dikemas. 

Oseng tuna asap merupakan makanan yang cukup terkenal dan digemari. Selain itu banyak varian rasa yang sajikan. Untuk harganya pun tidak terlalu mahal, hanya dengan Rp 50.000 kalian sudah mendapatkan oseng tuna asap ini. Kalian yang ingin mencari oleh-oleh khas Surabaya berupakan makanan siap saji dan bingung mencarinya makanan ini bisa menjadi rekomendasi buat kalian . 

7. Surabay Snow Cake 
Dilihat dari namanya pasti makanan ini asli dari Surabaya, Ya tentu, Surabay Snow Cake merupakan kue yang terbuat dari pastry yang renyah dengan bagian tengah yang diisi roti cokelat. Snow Snow Cake menyediakan rasa yang beragam mulai dari rasa caramel, cokelat, vanilla, keju, tea dan banyak lagi beragam macam rasa. Untuk harganya pun tidak terlalu mahal, kalian hanya cukup merogoh kocek sebesar Rp. 50.000 – 60.000 kalian sudah bisa mendapatkan Surabaya Snow Cake. Kalian yang berkunjung ke kota Surabaya kalian bisa mendapatkannya di Jalan Flores nomor 15, Surabaya, dan ternyata bisnis ini merupakan salah milik salah satu artis Indonesia yaitu Zaskia Sungkar. 

8. Kerupuk Udang Lobster
Oleh-oleh khas surabaya selanjutnya merupakan jajanan yang terbuat dari udang rebon kecil-kecil. Berbeda dengan kerupuk udang lainnya yang menggunakan udang besar alias lobster, kerupuk udang ini terbuat dari bahan dasar udang kecil – kecil. Pemilihan udang dalam pembuatan kerupuk ini karena memilki nilai gizi selain dari rasa yang unik dan juga enak untuk dinikmati. 

Dan yang membedakan dengan kerupuk udang lainnya yaitu dalam proses pembuatannya pertam dengan menumuk udang kecil kemudian dicampuri tepung dan barulah ditambah perasa yang berupa udang lobster. Terakhir barulah dikukus setelah itu ditiris dan dijemur hingga kering setelah itu kerupuk udang lobster barulah dibungkus atau dikemas. 

Nah kalian bisa mendapatkan kerupuk ini dalam keadaan mentah agar bisa bertahan lama, dan jika ingin memakannya tinggal kalian goreng saja, cukup praktis buka? Dan kalian bisa jadikan oleh – oleh khas dari surabaya jika kalian sedang berlibur ke kota surabaya. Untuk harganya kerupuk udang lobster bisa kalian beli dengan harga Rp. 50.000 - 70.000. 

Nah itu lah berbagai jenis oleh-oleh khas Surabaya yang bisa kalian bawa sebagai buah tangan dari Surabaya untuk sanak saudara yang dirumah jika kalian sedang berliburan ke kota Surabaya. Jika kalian sedang berkunjung ke kota-kora tertentu pasti kalian akan membawa buang tangan dari kota yang kalian kunjungi.

0 Response to "8 Oleh - Oleh Khas Surabaya Yang Banyak Dicari Dan Terkenal"

Post a Comment