Ini Dia Makanan Khas Kota Semarang Yang Banyak Diminati Yang Harus Kalian Coba

Nah kali ini BangBen akan bahas makanan khas Semarang, tentu kalian sudah mengenal dengan kota ini, yang merupakan ibu kota Provinsi Jawa Tengah. Semarang merupakan Salah satu kota besar yang berada di indonesia, bahkan merupakan kota Metropolitan terbesar ke 5. Semarang sendiri terletak di pulau jawa. Kota Semarang merupakan kota yang juga dijadikan kunjungan untuk berlibur oleh para wisatawan. Keindahan Panorama yang dihidangkan membuat kota ini sebagai kota parawisatawan untuk menengkan diri sejenak dan berlibur. Selain Tempat objek wisata yang begitu banyak pengunjungnya, Kota semarang juga memilki kuliner yang juga begitu populer. Berikut merupakan makan atau kuliner khas dari kota Semarang:

1. Gulai Kambing
Makanan khas Semarang satu ini yaitu Gulai Kambing. Gulai kambing khas semarang berbeda dengan gulai kambing pada umumnya, biasanya fulai kambing memilki kuah yanng kental, nah gulai kambing khas semarang ini memiliki kuah yang cair dan jenih. Karena kelapa dalam pembuatan gulai kambing tidak dijadikan santan, namun diparut dan kemudian dijadikan serundeng, lalu kemudian ditumbuk hingga keluar minyak, nah minyaknya yang dijadikan sebagai pengganti santan.

2. Pisang Plenet
Makanan khas Semarang satu ini namanya cukup unik, yaitu Pisang plenet, istilah plenet sendiri berarti menekan sesuatu hingga pipih. Kuliner satu ini merupakan kuliner yang legendaris, dan bahkan kuliner ini hampir sudah sedikit sekali yang menjualnya. Pisang plenet dibuat dengan cara pisang yang telah dikupas kemudian dibakar di atas tungku arang yang panas, yang panas nya tidak terlau alias sedang. Ketika telah layu barulah pisang tersebut diangkat lalu ditekan dengan menggunakan 2 buah papan yang tipis hingga bagian dalam pisang melebar. Kemudian pisang tersebut dioles dengan margarine dan diberi isi selai semacam selai dan dibakar kembali hingga gosong dan berwarna kuning. Pisang planet sip disajikan. Nah bagi kalian yang berkunjung ke kota semarang jangan lupa untuk mencoba kuliner satu ini. Dijamin kalian tidak akan kecewa dengan kuliner satu ini.

3. Lumpia
Makanan satu ini merupakan makanan yang banyak dicari para wisatawan kuliner, yaitu lumpia. Lumpia merupakan makanan yang biasanya ada isi didalamnya seperti rebung, telur dan juga tambahan seperti daging ayam atau udang. Lumpia Semarang ini memilki cita rasa perpaduan antara rasa Tionghoa dan juga Indonesia, karena yang membuat pertama kali makanan ini adalah orang keturunan Tionghoa yang mmenikah dengan orag pribumi Indonesia dan menetap atau tinggal di Indonesia.

4. Soto Bangkong
Soto Bangkong merupakan soto yang memilki khas tersendiri dari kuahnya yang agak bening kecoklatan. Warna tersebut didapat dari kecap yang ditambah ke dalam kuah soto Bangkong. Soto bangkong sendiri tersiri dari siuran daging ayam, bihun, tauge, irisan tomat, dan juga taburan bawang putuh dan merah yang menambah gurih soto bangkong. Untuk menikmatinya pun bisa dengan campuran nasi, ataupun lauk seperti sate ayam, tahu tempe dan lainnya.

5. Nasi Gandul
Makanan khas semarang lainnya yaitu Nasi gandul yang merupakan nasi putih hangat yang disajikan dengan daging sapi dan juga jeroan. Dinamakan nasi gandul karena dahulu para penjual nasi gandul menjual dagangannya dengan cara dipikul keliling kampung, nah nasi dan juga kuah nasi gandul ini dikaitkan di ujung pikulan sahingga ketika diangkat akan menggantung (jawa:gandul). Kalau dilihat nasi gandul hampir mirip dengan pindang namun yang membedakannya yaitu pada kuahnya. Kuah pindang berwarna hitam sedangkan kuah dari nasi gandul berwarna coklat, karena kuah dari nasi gandul ini menggunakan bumbu yang telah di sangrai telebih dahulu sebelum dimasak. Penasaran?, langsung saj jika kalian berkunjung ke kota Semarang jangan lupa untuk mencoba makanan satu ini dijamin akan memanjakan lidah kalian.

6. Tahu Pong
Makanan khas semarang yang tidak kalah terkenal yaitu Tahu pong. Makanan ini sudah dikenal sejak lama di kota semarang sejak tahun 1930.an. Tahu pong atau tahu kopong yang artinya kosong merupakan makanan yang berasal dari bahasa Hokkian selatan, phong, yang artinya menggembung, sesuai dengan bentuk tahunya yang menggembung yang dalamnya kosong. Tahu pong pada jaman dahulu adalah makanan cina yang disebut orang cina dengan sebutan tauhu. Dalam penyajiannya Tahu pong cukup sederhana dengan tahu, telor yang dipotong dan digoreng, dan dihidangkan didalam piring. Dan tambahannya yaitu kuah petis yang telah dibumbui, dan memiliki cita rasa yang berbeda dan nikmat. Rasa kuah Tahu pong terasa manis dan menyegarkan. Tahu pong juga bisa disantap dengan ditemani nasi putih, sesuai selera kita masing-masing.

7. Nasi Kucing
Nasi kucing merupakan makanan khas semarang yang namanya cukup unik. Pasti kita mengira bahwa nasi kucing ini untuk kucing. Nasi kucing merupakan nasi yang hidangannya menyerupai porsi kucing. Walaupun hanya seporsi kucing makanan ini sangat terkenal di semarang dan Solo. Untuk harga sendiri nasi kucing dipatok dengan harga sangat murah, dan sangat bersahabat dengan kantong dan juga para mahasiswa. Dan pembuatan nasi kucingpun terbilang sangatlah mudah.

8. Bandeng Presto
Makanan khas semarang selanjutnya yaitu Bandeng Presto. Makanan khas semarang satu ini dibuat dari ikan Bandeng yang telah dibumbui dengan garam, bawang putih dan kunyit. Dalam pembuatannya ikan bnadeng dimasak dengan menggunakan daun pisang dengan cita ras presto. Presto sendiri artinya memasak dangan uap air.

9. Wingko Babad
Wingko Babad merupakan makanan tradisional khas semarang. Makanan satu ini sangat terkenal di semarang. Wingko Babad merupakan makanan sejenis kue yang tebuat dari tepung beras, kelapa muda, ketan dan juga gula. Biasanya makanan ini biasa dijadikan oleh-oleh khas dari Semarang. Wingko babat berasal dari babat yang merupakan daerah kecil di lamongan. Wingko merupakan makanan yang terkenal di Babat dan juga Semarang.

10. Tahu Gimbal
Tahu gimbal merupakan makanan khas Semarang yang tersiri dari berbagai campuran sayuran seperti toug, rajangan kol mentah, yang ditambah capuran lontong, telir, udang, dan tidak lupa kuah kacang yang khas, karena kuah kacangnya menggunakan petis udang. Tahu gimbal hampir sama dengan pecel namun kuah tahu gimbal agak encer di bandingan pecel.

11. Bebek Goreng
Bebek goreng khas semarang merupakan bebek goreng yang berbeda dengan bebek goreng pada umumnya karena bebek goreng khas semarang memilki tekstur yang begitu empuk, walaupun empuk dagingnya tidak hancur. Rasa dari bebek goreng semarang ini sangat nikmat dan juga begitu gurih dan tidak berbau amis.

12. Mie Kopyok
Makanan Khas dari Semarang selanjutnya adalah mie Kopyok. Mie kopyok merupakan mie yang mempunyai ciri khas dengan tambahan tetelan daging, tahu dan juga kerupuk gendar yang ditabur di atasnya. Mie kopyok juga dikenal dengan mie Teng-Teng. Disebut Mie Teng-Teng karena para penjuan mie teng-teng ini menjual dagangannya dengan memanggil pembeli dengan memukul piring yang menimbulkan bunyi teng-teng, cukup unik bukan?. Nah kebnyakan para pedagang mie kopyok ini menjual dengan gerobak keliling. Mie Kopyok sekarang sudah tidak banyak lagi yang menjualnya sehingga dapat dikatakan sudah langka.

13. Babat Gongso
Makanan satu ini merupakan makanan yang asal muasalnya ntah dari mana sehingga menjadi makanan khas tradisional Semarang. Babat gongso merupakan babat sapi yang menjadi menu utama yang ditumis dengan bumbu khas dari semarang yang telah di tambah kecap. Babat Gongo sangat nikmat jika disajikan atau disantap dengan Nasi putih.

14. Kue Lekker Paimo
Kue Lekker Paimo merupakan makanan yang dijajakan di kaki lima, atau di pinggir jalan. Kue Lekker sendiri hampir menyerupai martabak namun yang membedakannya ukuran kue lekker lebih kecil dibandingkan martabak. Dan sam dengan martabak kue lekker juga di isi dengan isian deperti meises cokelat, kacang, gula, pisang dan keju. Kue Lekker biasanya banyak diminati oleh anak-anak sekolah, dan tidak jarang orang dewasapun juga banyak menikmati makanan satu ini. Untuk Lakker Paimo snediri memilki macam variasi ketebalannya, ada yang tipis kering yang biasa dipakai untuk jenis lekker dan juga tipker yang lebih tebal dari tipker. Untuk varian rasanyapun juga bervariasi antara lain jagung manis, keju abon, telur sosis tuna, telur sosis tuna keju, sosis ayam dan masih banyak lagi varian yang lainnya.

itulah beberapa makanan khas dari kota Semarang, dan masih banyak lagi makanan khas dari kota ini. Nah bagi kalian yang akan berkunjung ko kota Semarang, mungkin sebagian makanan dari kota semarang tersebut bisa jadi referensi.

0 Response to "Ini Dia Makanan Khas Kota Semarang Yang Banyak Diminati Yang Harus Kalian Coba"

Post a Comment