Manfaat Buah Belimbing Yang Bagitu Besar



Baca juga :

Manfaat Buah Belimbing - Buah belimbing merupakan buah yang berasal dari wilayah negara dengan iklim tropis. Buah belimbing ini merupakan buah yang hampir tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Dengan rasa yang sangat menyegarkan membuat belimbing banyak digemari orang. buah belimbing ini berwarna kekuningan jika telah matang, dan warna hijau ketika masa muda. 

Buah belimbing sering juga digunakan sebagai resep makanan, karena rasa yang dimiliki buah belimbing ini, sehingga menjadi salah satu bumbu dapur. Selain itu buah belimbing ini juga sangat baik bagi kesehatan dan juga memberikan manfaat bagi kecantikan. 

Buah belimbing merupakan salah satu buah eksotis yang kaya manfaat dengan sekitar 100 gram buah belimbing menyediakan 31 kalori yang lebih jauh rendah daripada buah-buahan tropis yang lainnya, selain itu buah belimbing ini juga memiliki sejumlah nutrisi penting, baik itu dari kandungan vitamin maupun dari antioksidan.

Berikut merupakan manfaat yang terkandung dalam buah belimbing:

1. Dapat mencegah kanker
Vitamin C yang terdapat pada buah belimbing ini dipercaya dapat mencegah gejala serangan kanker. Kandungan vitamin C terdapat pada buah belimbing memang sangat besar. Sedangkan vitamin C merupakan antioksidan alami yang kuat. Untuk 10 g buah belimbing terdapat 34,7 MG atau sekitar 57% asupan vitamin C yang dibutuhkan setiap hari. Secara umum buah-buahan yang kaya akan vitamin C dapat membantu tubuh manusia dalam mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi radikal bebas dan anti inflamasi bagi tubuh.

2. Menjaga sistem pencernaan
Belimbing mengandung serat yang tinggi yang dapat memberikan asupan yang lebih baik ketika seseorang mengkonsumsi belimbing ini. Asupan serat yang cukup dapat menjaga sistem pencernaan tubuh dengan baik. Selain dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan kandungan serat yang ada pada belimbing mampu mengatasi berbagai macam gangguan pencernaan seperti diare, sembelit, disentri, dan berbagai macam gangguan pencernaan lainnya.

3. Kaya akan antioksidan
Seperti kita ketahui bahwasannya vitamin C merupakan salah satu antioksidan alami yang baik bagi kesehatan. Namun buah belimbing ternyata juga menyimpan kandungan senyawa antioksidan lainnya yang juga baik bagi kesehatan. Seperti kandungan flavonoid polifenol, quercerin, epicatechin, dan juga asam galat yang merupakan kandungan antioksidan yang dapat membuat khasiat buah belimbing ini sangat besar bagi kesehatan. Selain itu kandungan-kandungan antioksidan ini juga bermanfaat dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh terhadap serangan berbagai macam penyakit.

4. Dapat meningkatkan kinerja enzim dalam tubuh
Buah belimbing juga mengandung vitamin b kompleks yang juga cukup lengkap. Kandungan vitamin B kompleks ini yaitu antara lain seperti folat, riboflavin dan juga piridoksin (vitamin B6). Jika vitamin B kompleks tersebut dikonsumsi secara bersama-sama, maka kandungannya sangat bermanfaat untuk meningkatkan kinerja enzim dalam tubuh terutama yaitu enzim yang berhubungan erat dengan sistem metabolisme tubuh.

5. Dapat mengatasi tekanan darah tinggi (hipertensi)
Kandungan sodium yang terlalu tinggi yang berada dalam tubuh dapat memunculkan adanya hipertensi sehingga asupan kalium yang bermanfaat untuk sistem peredaran darah menjadi menurun. Untuk itu dalam meningkatkan jumlah kalian tersebut dengan mengkonsumsi buah belimbing merupakan salah satu solusinya karena buah satu ini mengandung senyawa mineral kalium yang cukup tinggi. Selain itu juga kandungan mineral seperti magnesium dan zat besi yang ada pada belimbing dapat dipercaya juga mengurangi resiko tubuh kita terkena penyakit anemia atau kekurangan sel darah merah.


6. Dapat mengatasi gangguan ginjal
Pada tahun 2003 dilakukan penelitian di Jepang mengatakan bahwa buah belimbing mengandung asam oksalat yang cukup tinggi. Kandungan asam ini akan bekerja maksimal dengan kalium pada bagian organ ginjal. Nah manfaat belimbing bagi kesehatan ginjal Yaitu dapat melarutkan kotoran pada ginjal, merawat nefron ginjal dan masih banyak lagi manfaat bagi kesehatan ginjal.

7. Baik untuk kesehatan mata
Sama dengan wortel yang memiliki kandungan vitamin A yang baik, belimbing juga mengandung vitamin A yang juga berkhasiat dalam menjaga kesehatan mata yang mencegah degenerasi makula. Bahkan beberapa para ahli juga mengatakan bahwasannya mengkonsumsi buah belimbing secara rutin dapat mempertajam penglihatan kita dari pada seseorang yang tidak mengkonsumsi buah belimbing.

8. Mengatasi peradangan
Kita sering terserang penyakit peraangan seperti peradangan akibat asam urat, rematik, luka dan masih banyak lagi penyakit lainnya. Dengan mengkonsumsi buah belimbing ini dapat mengatasi peradangan, sebab menurut para ahli buah belimbing mengandung senyawa anti inflamasi yang cukup tinggi. Selain dapat berkhasiat mengatasi peradangan kandungan anti Inflamasii juga bermanfaat dalam mengurangi rasa sakit akibat dari peradangan tersebut.

9. Mampu mengurangi kolesterol jahat
Kolesterol dibagi dua yaitu kolesterol jahat dan kolesterol baik. Kolesterol jahat merupakan kolesterol yang tidak baik bagi kesehatan tubuh Nah sedangkanl kolesterol merupakan  yang penting dan diperlukan oleh tubuh. Menurut para ilmuwan dari Hongkong mengatakan buah belimbing mengandung pektin yang cukup tinggi yang mampu mengikat kolesterol jahat di dalam tubuh dan membuangnya melalui sekresi empedu. Dengan demikian buah belimbing ini dapat membuang kolesterol jahat di dalam tubuh.

10. Mengurangi minyak
Kita sering mengalami kelebihan minyak di bagian wajah sehingga dapat menyebabkan berbagai gangguan seperti komedo dan jerawat masker buah belimbing ternyata dapat menurunkan kadar minyak tersebut sifat yang asam pada belimbing dipercaya dapat mengurangi minyak di wajah sehingga minyak dapat berkurang dan terbebas dari jerawat dan komedo.

11. Dapat menyehatkan rambut secara alami
Kandungan vitamin B kompleks yang cukup besar yang ada pada buah belimbing karena bermanfaat untuk rambut sebab mampu melembabkan rambut dengan cara menutrisi pada bagian kulit kepala. Dengan cara menjadikan buah belimbing sebagai masker rambut setelah mandi selama 30 menit secara rutin setiap harinya.


12. Dapat menghaluskan kulit
Buah belimbing juga mengandung asam oksalat yang cukup tinggi. Kandungan asam oksalat yang ada pada buah belimbing dapat dipercaya sebagian besar ahli mampu melarutkan sel-sel kulit mati yang menempel di bagian wajah. Buah belimbing dapat dijadikan masker secara rutin setiap harinya agar dapat berkhasiat dalam membuang sel-sel kulit mati yang menumpuk di bagian wajah ataupun di bagian tubuh. Tidak hanya itu saja selain dapat melarutkan sel-sel kulit mati buah belimbing juga dapat mencerahkan kulit wajah dengan kandungan vitamin c-nya.

13. Menghilangkan bekas luka
Dengan kandungan vitamin C yang cukup tinggi dapat mengakibatkan pada generasi Sasuke baru pada bagian bekas luka. Dengan demikian buah belimbing ini sangat baik dalam menghilangkan bekas luka. Flek hitam bekas luka yang ada di wajah dapat disebabkan adanya sel-sel kulit mati yang tertimbun pada bagian tersebut buah belimbing dipercaya mampu menghilangkan bekas luka tersebut dengan menggunakan masker belimbing.

14. Dapat menunda proses penuaan
Penuaan pada bagian kulit dapat menyebabkan munculnya keriput, kusam, kerutan dan garis-garis. Sedangkan di bagian rambut biasanya yaitu menimbulkan rambut rontok, uban dan lain sebagainya. Semua masalah itu dapat dicegah kemunculannya dengan menggunakan buah belimbing yang mengandung senyawa antioksidan cukup tinggi. Kandungan antioksidan inilah yang mampu membantu tubuh menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini tersebut .

0 Response to "Manfaat Buah Belimbing Yang Bagitu Besar"

Post a Comment