Makanan Khas Daerah Aceh Yang Terkenal Kelezatannya

Bagi anda yang berkunjung ke kota serambi mekah yaitu Nangroe Aceh Darusalam ternyata kota ini juga banyak akan kuliner yang sangat memanjakan lidah para pecinta wisatawan kuliner, masakan khas daerah serambi mekah ini patut kalian coba. Untuk kalian yang ingin mengetahui apa-apa saja kuliner yang ada di kota Serambi mekah ini langsung saja ini dia makanan/kuliner khas Nanggroe Aceh Darusalam.


1. Mie Aceh


Masakan yang berbahan dasar berupa mie, yang mempunyai ciri khas yang berbeda dengan mie yang biasa kita temui di toko-toko. Dimasak dengan menggunakan rempah-rempah. Dengan berbagai macam rempah sehingga dapat mengunggah selera para pecinta penikmat wisatawan kuliner . Mie aceh dimasak dengan berbagai campuran seperti kepiting, udang, cumi-cumi, jamur, dan banyak campuran yang lainnya. Buat kalian pecinta mie silahkan kalian coba cita ras mie aceh yang memenjakan lidah pecinta kuliner. Dengan harga yang cukup murah hanya dengan Rp. 12.000 kalian sudah bisa menikmati mie acah.  

2. Martabak Telur Aceh


Martabak Telur aceh, makanan satu tidak sulit kita temukan di pedgang aki lima bisa kita temukan.Martabak Telur Aceh ini dibuat dengan bahan  dari tepung terigu yang kemudian ditutui dengan telur, sebelumnya telur tersebut sudah dicampur dengan berbagai jenis sayur yang dipotong kecil-kecil. Kuah dari martabak Telur Aceh ini da yang dari cuka dan juga ada yang dari gulai tergantung selera masing- masing. Dengan harga yang cukup murah yaitu hanya dengan Rp.7000 per porsi kalian sudah bisa menikmati makanan satu ini.

3, Bubur Kanji Rumbi


Makanan satu ini merupakan makan yang berbahan dasar terbuat dari beras pulen. Cara pembuatannya dengan cara beras tersebut ditumbuk kasar kemudian direbus dengan campuran rempah-rempah, campuran rempah-rempah yang membuat makanan ini berbeda dengan makanan yang lain. Cara menyantap makanan ini yaitu dengan ditemani dengan ayam, udang, ataupun telur. Telur yang di gunakan yaitu telur setengah matang, sehingga membuat cita rasa berbeda. Makanan ini mudah sekali kalian temukan di kota Serambi Mekah, apa lagi ketika menjelang ramadhan atau di saat bulan ramadhan. Karena kebanyakan masyarakat Aceh menyantap makanan ini pada saaat akan berbuka puasa. Makanan yang sangat diburu oleh wisatawan pecinta kuliner.

4. Sate Matang


Ternyata kota serambi mekah memiliki makanan khas berupa sate, yaitu sate matang,  tidak hanya madura dan padang, Aceh juga memiliki ciri khas Sate yaitu mempunyai tekstur daging yang empuk dan di lengkapi kari yang begitu nikmat dan ditambah juga dengan bumbu kacang yang begitu gurih.  Dabn kalian para pecinta makanan sate hanya dengan harag Rp.20.000 kalian sudah bisa menikmati sate matang ini. Bagi kalian yang berkunjung ke Aceh kurang lengkap jika kalian tidak mencicipi sate matang ini, Makanan yang di cari-cari para wisatawan kuliner. 

5. Roti Canai Aceh


Ternyata kota serambi mekah memiliki makanan khas berupa sate, yaitu sate matang,  tidak hanya madura dan padang, Aceh juga memiliki ciri khas Sate yaitu mempunyai tekstur daging yang empuk dan di lengkapi kari yang begitu nikmat dan ditambah juga dengan bumbu kacang yang begitu gurih.  Dabn kalian para pecinta makanan sate hanya dengan harag Rp.20.000 kalian sudah bisa menikmati sate matang ini. Bagi kalian yang berkunjung ke Aceh kurang lengkap jika kalian tidak mencicipi sate matang ini, Makanan yang di cari-cari para wisatawan kuliner.

6. Ungkot Kemamah (Ikan Kayu)


Mungkin agak aneh namanya, dan asing bagi kalian mendengar ungkot kemamah, inilah makana khas Aceh yang terbuat dari bahan utamanya yaitu ikan tuna yang telah di rebus dan dikeringkan kemudian diiris-iris menjadi seperti kayu, makanya kebanyakan orang menyebutnya dengan sebutan ikan kayu. Ungkot Kemamah ini juga sangat terkenal sama sepeti makanan khas Aceh lainnya. Selain ikan tuna untuk memasak masakan ini menggunakan bahan-bahan seperti santan kelapa, cabe hijau, kentang, dan banyak lagi bahan-bahan atau rempah-rempah. Masakan ini juga harus kalian coba, dengan cita rasa yang berbeda dan mudah kalian temukan di kota Serambi Mekah ini.


7. Ayam Tangkap


Makanan khas Aceh lainnya yaitu Ayam Tangkap, nama yang unik, makanan yang juga populer di kalangan para pecinta kuliner, kalian bisa membuatnya sendiri karena  tidak sulit dengan menggoreng ayam yang sdah dicampur berbagai macam bumbu rempah-rempah, seperti cabe, bawang merah, baeang putih, kalian sudah bisa membuat nya sendiri di rumah.  Makanan khas Aceh ini biasanya disajikan dengan nasi hangat dan bumbu kecap. Dan untuk menikmati makan khas Aceh ini kalian hanya mengeluarkan gocek sebesar Rp.60.000, dan ini merupakan porsi besar kalian bisa menikmati untuk 3-4 orang.

8. Rujak Aceh 


Rujak merupakan campuran dari berbagai macam buah-buahan, yang kemudian dilumuri dengan kuahnya. Di Aceh juga  ada rujak, namun rujak di  aceh berbeda denga rujak pada umunnya karena rujak di aceh meiliki ciri khas tersendiri yaitu menggunakan buah rumbai yang merupakan buah khas Aceh. Cita rasa yang berbeda dengan rujak pada umumnya bisa memanjakan lidah para wisatawan kuliner. Jika kalian berkunjung ke kota aceh jangan sampai kalian lewatkan makanan satu ini.

9. Gule Plik U


Makanan khas Acah lainnya yang juga tidak kalah  dengan masakan-masakan aceh lainnya yaitu Gule Pilik U, yang merupakan makanan yang sudah di fermentasi kemudian dimasak dengan campuran berbagai jenis sayuran lalu kemudian dibumbui dengan bumbu-bumbu khusus . Makanan yang menggambarkan kekerabatan dan melambangkan keanekaragaman bagi masyarakat serambi mekah ini. Penyajian Kuah Pilik U biasa dalam satu luali yang besar dan terdapat berbagai rasa yang bisa kita nikmati. Makanan khas Aceh ini merupakan makanan yang juga populer oleh seluruh masyarakat Aceh, tidak hanya masyarakat aceh, para wisatawan dalam maupun luar negeri juga gemar memakan masakn ini. Dengan harga yang cukup relatif terjangkau yaitu hanya Rp.8000 kalian sudah bisa menikmati makanan yang satu ini. Dan untuk menemukannya juga tidak sulit kalian bisa menemukannya warung atau rumah makan Aceh.

10. Kuah Sie Itek


Masakan khas Aceh lainnya yaitu Kuah Sie Itek merupakan masakan yang di buat dari bahan dasar bebek yang di masak dengan menggunakan berbagai macam bumbu khas aceh yang membuat makanan ini berbeda dengan masakan lainnya. Masakan satu ini juga terkenal bagi para wisatawan kuliner karena cita rasanya yang begitu mengunggah selera para wisatawan kuliner karena kelezatannya yang patut kalian coba.

Itulah berbagai macam makanan khas Aceh yang mempunyai ciri khas yang hanya dimiliki oleh kota berjuluk serambi mekah ini, dan masih banyak makan khas Aceh lainnya.



0 Response to "Makanan Khas Daerah Aceh Yang Terkenal Kelezatannya"

Post a Comment