Prestasi Gemilang Atlet Bulutangkis Indonesia Di Ajang Olimpiade

Bagi indonesia bulutangkis merupakan salah satu olahraga yang sangat digemari. Indonesia menjadi salah satu negara yang sangat disegani dalam kancah olahraga bulutangkis karena gelar juara dan kualitas pemain yang begitu baik, Merah putih kerap berkibar karena prestasi para pebulutangkis Indonesia. Sederet prestasi terukir oleh pebulutangkis indonesia sejak dulu hingga sekarang, dan diantara nya bahkan menorehkan sejarah didunia. Diantara gelar prestasi atlet pebulutangkis yang sangat bergengsi yang pernah diraih Indonesia yaitu Olimpiade. Berikut merupakan gelar yang pernah di raih sepanjang sejarah Olimpiade :

1.Olimpiade Barcelona ( 1992 )
Olimpiade Barcelona ( 1992 ) tak akan terlupakan bagi perjalanan olahraga indonesia dan juga bagi pasangan pebulutangkis Indonesia yaitu Susi Susanti dan Alan Budi Kusuma, saat itu keduanya berhasil meraih mendali emas untuk nomor tunggal putra dan tungal putri, Sebagai wakil Indonesia dibabak final tunggal putri saat itu Susi Susanti berhadapan dengan pebulutangkis putri asal Korea Selatan yang juga merupakan musuh bubuyutannya yaitu Bang Soo Hyun, karena sempat kalah dan menang di dua set pertama, Susi harus kerja ekstra untuk unggul di set ke tiga, dan akhirnya set ketiga itu dimenangkan  Susi  Susanti sekaligus memberikan mendali emas pertama bagi Indonesia sepanjang sejarah mengikuti Olimpiade. Sementara itu Alan Budi Kusuma yang kini menjadi suami dari Susi Susanti menyusul meraih mendali emas tunggal putra di olimpiade Barcelona tersebut, Alan berhasil unggul dari pebulutangkis Indonesia lainnya yaitu Ardi bw Ranata.

2. Olimpiade  Atlanta 1996
Pasangan Ganda putra Rexy Mainaky/Ricky Subagja berhasil menyabet medali emas Olimpiade dari bulutangkis ketiga, setelah Alan dan Susi. Pada final Olimpiade Atlanta 1996. Rexy/Ricky mampu menundukan wakil negara tetangga Malaysia, pasangan Cheah Soon Kit/Yap Kim Hock.

3. Olimpiade  Sydney 2000
Wakil ganda putra yang meneruskan tradisi emas Olimpiade. Kala itu giliran pasangan Tony Gunawan/Candra Wijaya yang mampu menyabet medali emas Olimpiade Sydney 2000, setelah memupuskan wakil Korea, pasangan Lee Dong-soo/Yoo Yong-sung.

4. Olimpiade Athena 2004
Tunggal Putra Indonesia kembali unjuk gigi di Athena 2004, tunggal terbaik Indonesia Taufik Hidayat memepersembahkan emas usai munyudahi perlawanan wakil Korea Selatan, dengan 2 game langsung 15-8, 15-7.

5. Olimpiade Beijing 2008
Pasangan Markis Kido dan Hendra  Setiawan melanjutkan peraihan mendali di Beijing 2008, Kido dan Hendra mengandaskan perlawanan wakil tuan rumah yang merupakan musuh bubuyutan fu haifeng dan cai yun, yaitu 12-21, 21-11 serta 21-16, Selanjutnya langkah Indonesia mulai penurunan dan puncaknya

6. Olimpiade Rio Brazil 2016
Pasangan Ganda Campuran Indonesia Liliyana-Tontowi satu satu satunya wakil indonesia dalam cabor bulutangkis yang meraih mendali emas di Brazil. Lagu Indonesia Raya berkumandang di arena badminton pada hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus setelah Liliyana-Tontowi menang dalam dua set dalam menghadapi pasangan Malaysia Chan Peng Soon dan Goh Liu Yingdalam dua set 21-12, 21-14. Keduanya adalah atlet Indonesia terakhir bertanding di Olimpiade Rio dan satu-satunya peluang untuk medali emas Indonesia.

0 Response to "Prestasi Gemilang Atlet Bulutangkis Indonesia Di Ajang Olimpiade"

Post a Comment