15 Makanan/Kuliner Khas Sumatera Barat, Padang

Makanan atau Kuliner Khas Sumatera Barat, Padang
 
Masakan/kuliner khas Sumatera Barat (Padang)  merupakan salah satu yang dikenal luas di Indonesia bahkan dunia dan disebut juga dengan istilah Masakan Padang yang diperkenalkan oleh para perantau Minangkabau dari berbagai daerah yang berada di Sumatera Barat. Terdapat banyak resep dan variasi masakan Sumatera Barat berdasarkan daerah, kota atau kabupatennya. Masakan Sumatera Barat telah terlanjur dikenal oleh masyarakat awam dengan sebutan Masakan Padang. Masakan Sumatera Barat ini dikenal banyak menggunakan santan dan daging, memiliki rasa pedas dari penggunaaan bumbu dan rempah-rempah.



Makanan/kuliner khas Sumatera Barat sudah terkenal akan kelezatannya. Ada banyak kuliner khas Sumatera Barat yang bisa dirasakan. Selain itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terutama bagi yang punya penyakit kolesterol, karena makanan khas dari Sumatera Barat terkenal dengan penggunaaan santan kelapa yang sangat kental. Langsung saja apa-apa saja makanan khas dari sumatera ini? check it out:



1. Rendang



Rendang Merupakan makanan khas Minangkabau yang  terdaftar dalam hidangan terlezat di dunia versi CNN Internasional bahkan menduduki posisi pertama yang disukai masyarakat dunia. Rendang atau randang adalah masakan daging bercita rasa pedas yang menggunakan campuran dari berbagai bumbu dan rempah-rempah. Hampir semua orang mengenal yang namanya rendang ini, yang merupakan salah satu masakan khas nusantara yang sangat lezat dan dapat disimpan lama di bandingkan dengan masakan daging lainnya. Dan rendang merupakan masakan yang kaya akan bumbu rempah-rempahnya. Rendang tidak mengandung banyak kuah serta enak dimakan dengan nasi. Masakan ini dihasilkan dari proses memasak yang dipanaskan berulang-ulang dengan santan kelapa. Memasaknya memakan waktu hingga berjam-jam sampai kering dan berwarna hitam pekat. Dalam suhu ruangan, rendang bisa bertahan hingga berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Rendang jika dimasak dalam waktu yang lebih singkat dan santannya belum mengering itu dengan disebut kalio, yang berwarna coklat terang keemasan.

2. Sate Padang



Makanan ataupun jajanan satu ini pasti semua orang mengenalnya dan terdapat di seluruh nusantara, apa itu?, ya Sate padang, makanan yang dijual oleh pedagang-pedagang yang biasanya ada dipinggir jalan dengan menggunakan gerobak. Sate padang merupakan makanan yang sangat diminati. Sate Padang memakai bahan daging sapi, lidah, atau jerohan dengan bumbu kuah yang kental ditambah cabai yang banyak sehingga rasanya pedas. Sate padang hanya dibakar saat dipesan jadi rasanya masih hangat dan lebih mantap. Sate padang dibakar menggunakan arang dari tempurung kelapa. Menyantap sate padang akan lebih nikmat jika masih dalam keadaan hangat, biasanya ditambah dengan keripik balado khas Minang.

3. Dendeng Balado




Dendeng balado adalah masakan khas Sumatera Barat dibuat dari irisan tipis dan lebar dari daging sapi yang dikeringkan lalu digoreng hingga kering. Daging goreng ini lalu diberi bumbu balado. Balado adalah teknik memasak khas dari Minangkabau dengan cara menumis cabe giling dengan campuran berbagai rempah, biasanya bawang merah, bawang putih, jeruk nipis. Sambal dendeng balado berbeda dengan sambal lainnya yang hanya menggunakan cabe giling sebagai pendamping.

4. Nasi Kapau




Selanjutnya yaitu Nasi Kapau, merupakan nasi ramas khas nagari Kapau, Sumatera Barat, terdiri dari nasi, sambal, dan lauk pauk khas Kapau, gulai nangka, gulai tunjang (urat kaki kerbau atau sapi), gulai cangcang (tulang dan daging kerbau), gulai babek  atau paruik kabau. Nasi kapau standar selalu dilengkapi gulai nangka yang merupakan ciri khas nasi kapau. Salah satu lauk yang khas Kapau adalah rendang ayam. Rendang sebenarnya adalah sebutan untuk cara memasak daging dengan bumbu rempah dan santan kelapa yang diaduk diatas api selama beberapa jam hingga terkaramelisasi  sampai kuahnya kering dan berbentuk serbuk berwarna coklat kehitaman.

5. Dendeng Batakok




Selanjutnya makanan asal Padang bebahan daging yaitu, dendeng batokok, yang bahannya sama dengan dendeng balado, bedanya adalah pada bumbu baladonya, bukan memakai cabai merah, namun memakai cabai hijau yang diiris kasar. Pada proses pembuatannya daging sapi diiris tipis melebar lalu dipukul-pukul dengan batu cobek supaya dagingnya menjadi lembut dan seratnya pecah, lebih tipis dan lebar, dan agar bumbunya  ikut meresap. Daging ini kemudian di bakar setelah matang, lalu dilumuri dengan minyak tanak dan bumbu cabai. Dendeng batokok adalah dendeng khas Bukit tinggi. Istilah batokok diambil dari cara memasak dendeng ini yang dengan cara ditokok atau dipukul.

6. Kalio Baluik




Merupakan makanan khas Solok, Padang, Sumatera Barat. Kalio adalah sebutan dari rendang setengah jadi yang masih berwarna kecoklatan dibandingkan dengan rendang yang berwarna cokelat kehitaman. Kalio bertekstur lengket dan basah dengan aroma karamel yang kuat. Kalio tidak sekering rendang yang lebih kering, bertekstur kasar, dan mengeluarkan aroma rempah yang tajam. Umumnya kalio dijual sebagai rendang di Rumah Makan Padang diluar Sumatera Barat karena durasi memasak lebih pendek sehingga lebih praktis dan ekonomis untuk disajikan. Rasa yang dimiliki kalio tidak terlalu pedas dan daging yang dimasak juga tidak sekeras rendang.

7. Ayam Pop




Ayam pop merupakan salah satu menu andalan di rumah makan padang.  Ayam pop merupakan masakan olahan ayam khas Sumatera Barat yang sangat populer dan sering dijumpai saat mampir ke Restoran atau Rumah Makan Padang. Ayam pop berwarna putih. Semuanya berupa daging ayam tanpa kulit. Jadi bagian ayam tersebut dikuliti dulu, sampai kulit yang bisa dimakan juga dibuang. Cara memasaknya juga melalui dua tahap yang bertolak belakang, yaitu direbus dan digoreng sebentar.

8. Soto Padang




Soto Padang merupakan hidangan berkuah kaldu sapi dengan bahan irisan daging sapi yang sudah digoreng kering, mie soto padang berasal dari bihun (mie dari tepung beras). Soto padang biasa ditambah perkedel kentang dan dihidangkan saat masih panas. Bukan hanya Kota Padang, Sumatera Barat, hidangan Soto Padang juga mudah ditemukan diberbagai restoran Padang di penjuru dunia. Soto padang merupakan salah satu jenis soto nusantara. Berbeda dengan jenis soto yang berada di Pulau Jawa, soto padang menawarkan kuliner dengan cita rasa yang kaya akan bumbu rempah-rempah, oleh karena itu, soto ini sangat cocok dijadikan sebagai teman santap siang atau pada cuaca dingin. Soto padang  yang menggunakan beraneka ragam rempah ini akan menghangatkan badan ketika cuaca dingin menyerang.

9. Gulai Itiak




Gulai itiak merupakan makanan khas yang terkenal dari Koto Gadang Agam. Di Bukittinggi yang terletak tidak jauh dari Koto Gadang gulai itiak disebut tanak koto gadang. Masakan gulai itiak ini menggunakan itik sebagai bahan dasarnya, dengan campuran bumbu cabe kriting hijau, laos, kunyit, jahe, daun salam daun jeruk dan daun kunyit. Dalam proses pembuatannya bebek yang digunakan yaitu bebek  muda yang setelah dipotong lalu dibakar terlebih dahulu. Itulah gulai bebek yang bewarna hijau.

10. Gulai Toco ( Tauco )




Merupakan makan yang kerap disajikan untuk hidangan keluarga. Di beberapa daerah di sumatera barat gulai ini dimakan bersama ketupat di hari raya. Berbahan dasar Buncis, Udang, Cabe hijau, dan taucho. Gulai taucho kerap kali digunakan sebagai gulai ketupat. Cita rasa yang berbeda membuat gulai taucho sebagai makanan yang digemari masyarakat Sumatera Barat.

11. Palai Rinuak




Palai rinuak merupakan salah satu masakan khas dari daerah Maninjau Agam Sumatera Barat. Rinual adalah ikan yang berukuran kecil yang memperkaya alam danau maninjau, ikan rinual berwarna kekuningan berukuran besar batang korek api dengan panjang sekitar 2 cm. Palai rinuak terbuat dari ikan rinuak yang diberikan campuran bumbu dan parutan kelapa lalu dibungkus dengan daun pisang kemudian di kukus, palai yang berarti pepes dalam bahasa minang dan rinuak ini adalah sejenis ikan yang berukuran sebesar korek api yang banyak terdapat di danau maninjau, rasa yang dimiliki ikan rinuak sangatlah gurih dan kita tidak akan menemuinya selain di Maninjau, tetapi ikan rinuak dapat kita ganti dengan ikan teri jika susah untuk ditemukan.

12. Kalio Dagiang




Kalio merupakan sebutan dari rendang setengah jadi yang masih berwarna kecoklatan dibanding dengan rendang yang berwarna cokelat kehitaman. Kalio mempunyai tekstur yang  lengket dan basah dengan aroma karamel yang kuat, sedangkan rendang lebih kering, bertekstur kasar, dan mengeluarkan aroma rempah yang tajam. Umumnya kalio dijual sebagai rendang di Rumah Makan Padang di luar Sumatera Barat karena durasi memasak lebih pendek sehingga lebih praktis dan ekonomis untuk disajikan dan lebih cepat dalam pembuatannya. Selain itu, rasanya tidak terlalu pedas dan daging yang dimasak juga tidak sekeras rendang.

13. Katan Durian




Selanjutnya Katan durian. Ketan atau lemang merupakan beras ketan yang dimasak didalam bambu muda. bahan utamanya yang digunakan adalah beras ketan putih, daun pandan, santan kelapa, dan sedikit garam. Beras ketan dicuci dibersihkan terlebih dahulu kemudian dimasukan kedalam ruas bambu muda yang terlebih dahulu didalamnya dilapisi dengan daun pisang yang kemudian baru dituangkan santan ke berasnya dan dibakar dengan bara api, dijaga dan jangan sampai ruas bambu terbaik. Naah di Sumatera Barat, ada cara unik dalam menyantap ketan tersebut, yaitu dengan durian, ketan dimakan bersama durian. Masyarakat Sumatera Barat, biasa menyantap durian tidak langsung buahnya namun ditemani oleh ketan ini.

14. Lamang Tapai




Lamang tapai merupakan makanan atau jajanan pasar tradisional yang terbuat dari beras ketan. Lamang tapai dimasak dengan menggunakan medium bambu dan disajikan bersama dengan tape atau masyarakat sekitar menyebutnya dengan tapai ketan hitam. Bagi masyarakat minang, lamang biasa disantap dengan tapai ketan hitam. Makanan ini kerap menjadi menu wajib di sejumlah pesta rakyat yang ada di sumatera barat, seperti resepsi pernikahan atau khitanan. Bahkan lamang juga menjadi menu wajib di Bulan Ramadhan. Anda juga bisa membuatnya dirumah dan menyajikannya sebagai menu saat berbuka puasa bersama keluarga.

15. Galamai



Makanan khas Payakumbuh yaitu Galamai yang merupakan salah satu makanan atau jajanan  dengan bahan dasar tepung beras ketan, santan dan gula aren yang berasal dari daerah Sumatera Barat. Jika di daerah lain makanan sejenis ini dikenal sebagai dodol atau jenang di sumatera barat dikenal dengan Galamai. Hampir semua suku di Indonesia memiliki jenis makanan kecil ini. Makanan ini berwarna hitam pekat dan rasanya begitu manis legit. Galamai biasa juga disebut Kalamai, atau di Jawa dikenal dengan nama jenang, dan di Jawa Barat dikenal dengan nama dodol.


itulah berbagai macam masakan khas dari Sumatera Barat, Bagi kalian yang ingin berkunjung ke kota Padang jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Sumatera Barat.

0 Response to "15 Makanan/Kuliner Khas Sumatera Barat, Padang"

Post a Comment